Bukan Kriminalisasi, Tetapi Inilah 4 Prinsip Maqasid Syariah Mencegah Ideologi Khilafah

Bukan Kriminalisasi, Tetapi Inilah 4 Prinsip Maqasid Syariah Mencegah Ideologi Khilafah

- in Suara Kita
167
0
Bukan Kriminalisasi, Tetapi Inilah 4 Prinsip Maqasid Syariah Mencegah Ideologi Khilafah

Saya sangat begitu tertarik, dengan prinsip Maqasid Syariah tentang pentingnya menjaga sebuah bangsa dari para perusak-nya. Hal ini digagas oleh Abu al-Ma’ali al-Juwaini. Sebagaimana, ada 4 (empat) jawaban. Mengapa kita perlu mencegah dan wajib memberantas ideologi pemberontakan bernama ideologi khilafah itu?

Lantas, apakah mencegah ideologi khilafah adalah kriminalisasi ajaran Islam? Atau justru sebagai perintah dari syariat Islam karena demi menjaga tanah air? Sebagaimana, alasan-alasan itu mengerucut ke dalam empat bagian. Pertama, demi kepentingan al-‘ammah (kebutuhan umat/publik). Kedua, demi menjaga al-makrumat (perilaku moral). Ketiga, dalam tatanan bangsa, wajib mentaati atauran atau al-mandubat (anjuran-anjuran keumatan). Keempat, demi menjaga al-hafiz (melindungi agama, jiwa, akal, keturunan dan harta).

Pertama, al-‘ammah (kebutuhan umat/publik). Hal ini mengacu ke dalam satu prinsip etis di dalam satu negara. Di mana, kebutuhan umat (seluruhnya) itu sangat diutamakan. Jadi, ketika ada kelompok yang kehadirannya sangat berpengaruh negatif seperti ideologi khilafah. Maka, jelas ini akan merusak tatanan (disentegritas sosial) dan bahkan akan merusak segala kebutuhan umat seperti (keharmonisan). Sebab, mereka ingin menggantikan NKRI menjadi negara yang berdasarkan satu identitas saja. Jelas, ini perlu dibabat-habis keberadaannya.

Karena, ini tidak lain demi menjaga segala kebutuhan atau segala kepentingan banyak umat tadi. Maka, di sinilah pemerintah wajib hukumnya memberantas ideologi khilafah dan ideologi lain yang bertentangan dengan prinsip bernegara kita. Karena, mereka jelas mereka sangat mengancam terhadap kebutuhan umat manusia dalam konteks keharmonisan, persatuan dan kebersamaan yang solid. Maka, di sinilah korelasi etis-nya. Mengapa kita perlu mencegah dan perlu memberantas ideologi khilafah itu?

Kedua, demi menjaga al-makrumat (perilaku moral). Dari prinsip ini, jika Saya bertanya, adakah kelompok radikal yang memiliki perilaku bermoral di negeri ini? layaknya HTI dan bahkan FPI yang sudah dibubarkan itu. Maka, sangat jelas sesuai fakta, itu sama-sekali tindakannya sangat a-moral atau tidak bermoral. Bahkan, ada begitu banyak kasus bom bunuh diri yang terjadi akibat pemahaman bahwa negara ini dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam. Lalu ingin menegakkan negara khilafah.

Oleh sebab itulah, mengapa sangat penting, mmemberantas ideologi yang bertentangan dengan prinsip yang berkaitan dengan menjaga (perilaku moral) umat tadi. Karena, mencegah ideologi khilafah, berarti kita menjaga moral umat agar tetap berada dalam kebaikan dan kemaslahatan.

Ketiga, al-mandubat (anjuran-anjuran keumatan). Kita tahu, pemerintah memiliki kebijakan semata demi menjaga (kemaslahatan, kedamaian dan keharmonisan umat agar tetap bersatu). Maka, anjuran-anjuran yang semacam ini ketika dilanggar dan ada sekelompok orang yang ingin merusaknya seperti kelompok radikal-intolerant atau-pun kelompok pengsaong ideologi khilafah. Maka, mutlak bagi kita untuk memberantas-nya. Semata mengacu ke dalam prinsip menjaga anjuran-anjuran dalam bernegara demi keumatan tadi.

Keempat al-hafiz (melindungi agama, jiwa, akal, keturunan dan harta). Sebagaimana yang kita lihat saat ini, para pengasong ideologi khilafah jelas sangat melecehkan ajaran agama. Berpotensi mereduksi realitas yang majemuk dan bahkan bisa terjadi praktik kezhaliman. Serta sangat mengancam stabilitas yang berujung pada disentegritas sosial.

Maka, demi menjaga prinsip syariat bernegara kita yang mengacu ke dalam wilayah al-hafiz, wajib bagi umara’ yang sah untuk memberantas. Melawan ideologi-ideologi yang telah usang namun masih terus diperjuangkan dengan berbagai-macam fitnah dan provokasi (tipu-muslihat). Yaitu pemerintah perlu tegas memberantas para pengasong ideologi khilafah. Jelas, ini bukan kriminalisasi ajaran Islam. Melainkan, bagian dari perintah dan tujuan syariat demi menjaga NKRI yang kita cintai ini.

Facebook Comments