Hari Anak Nasional 2022 : Pentingnya Program Imunisasi Ideologi Sejak Dini

Hari Anak Nasional 2022 : Pentingnya Program Imunisasi Ideologi Sejak Dini

- in Suara Kita
232
1
Hari Anak Nasional 2022 : Pentingnya Program Imunisasi Ideologi Sejak Dini

Terdapat sebuah hadist yang sangat populer disampaikan para penceramah : “Setiap anak yang lahir dilahirkan di atas fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Majusi, atau Nasrani.” Hadist ini sesungguhnya mendeskripsikan besarnya pengaruh lingkungan sosial baik keluarga sebagai lingkungan inti atau pertemanan sebagai lingkungan yang besar. Lingkungan mampu mempengaruhi dan membentuk karakter, mental, prinsip dan pilihan pandangan hidup seorang anak.

Kurang tepat jika orang tua hanya memikirkan perkembangan fisik seorang anak karena kurang tinggi atau terlalu gemuk dan kurus. Memang aspek fisik juga menunjang Kesehatan. Tubuh juga sebagai indikasi imunitas anak dalam aspek Kesehatan. Namun, aspek fisik saja tidak cukup. Orang tua akan rajin memberikan vaksinasi untuk menjalankan imunisasi yang dilakukan bertahap.

Penyakit dan virus lain yang bisa menyebar kepada anak adalah virus wawasan, mental dan pandangan. Orang tua juga harus mempunyai kepedulian untuk menguatkan imunitas wawasan anak agar tidak mudah terserang virus dan penyakit mental dan wawasan. Imunisasi ideologi pada anak mutlak diperlukan.

Pertanyaannya, adakah penanaman vaksin pandangan hidup yang rutin diberikan orang tua terhadap anak? Imunisasi seperti apa yang harus diberikan?

Memang penanaman vaksin kesehatan mental dan ideologi ini kurang banyak diperhatikan oleh orang tua dan lingkungan secara luas. Imunisasi yang digalakkan oleh orang tua terhadap anak hanya populer untuk menjaga kekebalan fisik anak dari penyakit fisik. Bagaimana dengan penyakit sosial dan kultural berupa pandangan dan paham yang menyimpang yang kelak akan mudah ditemui oleh seorang anak dalam lingkungan sosial dan usia perkembangannya?

Di sinilah pentingnya penanaman vaksin moderasi sejak dini terhadap anak-anaknya. Moderasi merupakan cara pandang yang menghargai toleransi, keadilan dan kesetaraan. Penanaman nilai-nilai ini menjadi sangat penting ditanamkan sebagai vaksin terhadap anak sejak usia dini hingga mampu membentuk karakter anak yang moderat dan toleran.

Orang tua tidak bisa membayangkan gempuran informasi saat ini. Lingkungan sosial anak tidak hanya terjadi di ruang nyata, tetapi juga telah merambah secara tak terbatas di ruang maya  (internet). Persoalan yang dihadapi anak semakin. Jika dalam usia perkembangan yang mengandalkan proses imitasi dan identifikasi diri anak-anak tanpa vaksin moderasi berhadapan dengan berbagai nilai dan pengetahuan secara liar ini tentu menjadi alarm bagi orang tua.

Tahapan Vaksin Imunisasi Ideologi pada Anak

Vaksin moderasi mutlak dilakukan dengan program imunisasi yang bertahap. Pertama, pada level usia dini vaksin moderasi diberikan disesuaikan dengan kondisi psikologis dan intelektual anak. Dalam tahap ini tidak perlu banyak teori, tetapi lebih kepada keteladanan dan pendekatan sejarah. Anak-anak dikenalkan dengan perbedaan lingkungan sekitar dan cerita tokoh inspiratif tentang nasionalisme dan penghargaan terhadap perbedaan.

Kedua, level menengah pembentukan karakter dengan mengenalkan pendidikan moral dengan berdasarkan teks dan praktek. Anak-anak sudah mulai dikenalkan dengan rujukan bacaan yang dapat mendorong pada terciptanya sikap dan wawasan yang moderat.

Ketiga, level menengah untuk menguatkan argumentasi dan daya tangkal anak terhadap paparan paham yang sempit. Di level ini, anak sudah diajarkan tentang argumentasi pilihan wawasan dan perilaku moderat serta kesalahan berperilaku menyimpang yang hanya merasa benar dan paling benar.

Tentu, program imunisasi ideologi di atas akan disesuaikan dengan kondisi dan latarbelakang yang berbeda-beda. Namun, pada intinya, anak sejak dini harus dibekali dengan wawasan yang mampu memberikan daya tahan dari serangan intoleransi dan radikalisasi ketika akan tumbuh pada usia matang.

Program imunisasi ideologi dengan vaksin moderasi ini harus menjadi program nasional yang digalakkan tidak hanya di lingkungan Pendidikan, tetapi juga lingkungan masyarakat. Gerakan nasional imunisasi ideologi untuk anak menjadi salah satu agenda penting dalam melindungi anak untuk Indonesia Maju.

Facebook Comments