Kembang Api Toleransi

Kembang Api Toleransi

- in Suara Kita
728
0
Kembang Api Toleransi

Satu moment yang paling ditunggu-tunggu di malam tahun baru adalah festival kembang api. Tepat jam 00:00 WIB adalah waktu pergantian tahun. Di mana, setiap tahun kita begitu riang-gembira merayakan hal semacam itu. Sambil diiringi dengan “ungkapan hati” yang tercurah berbagai harapan-harapan baru dan semangat baru pula.

Jadi, di malam pergantian tahun 2021 ke 2022 ini, kita perlu menjadikan festival kembang api itu, tidak sekadar ekspresi kegembiraan. Tetapi, ini juga festival penting untuk bisa kita rayakan sebagai kegembiraan menyambut (tahun toleransi). Sebagaimana yang saya sebut sebagai (kembang api toleransi).

Karena, saya rasa ada makna-makna simbolis di balik festival kembang api yang perlu kita ketahui. Misalnya yang pertama, kita bisa merasakan indahnya (kebersamaan) di balik festival tersebut. Sebab, kita mungkin datang dengan latar-belakang agama, suku, ras yang berbeda-beda. Berkumpul di suatu tempat, untuk merayakan bersama, bergembira bersama dan mengucapkan harapan bersama di malam pergantian tahun baru itu.

Kedua, ketika kembang api itu meletus, cobalah kita lihat. Kita akan mendapatkan satu moment, di mana, indahnya kembang api itu tidak terlepas dari warna-warni (percikan kembang api) yang dihasilkan. Itu semua, menggambarkan kepada kita semua. Bahwa, bahwa (perbedaan) itu sejatinya indah ketika disatukan. Maka, apa yang membuat kita berpikir untuk selalu hidup dengan satu warna saja atau anti perbedaan?

Jadi, di sinilah yang saya sebut sebagai (festival kembang api toleransi). Di mana, perayaan itu tidak hanya sekadar kegembiraan tanpa maksud. Melainkan mengandung satu pesan penting. Bahwa, kita lahir di atas perbedaan yang perlu kita rayakan dengan gembira dan harmonis. Kita bisa hidup bersama layaknya warna-warni percikan kembang api yang begitu indah untuk kita rayakan bersama.

Maka, dari sinilah kita perlu merayakan bersama menyambut malam tahun baru dengan festival kembang api yang kita bakar bersama. Sebagai simbol kembang api toleransi. Di mana, kita merenungi percikan kembang api yang beragam warna yang begitu indah kita lihat, sebagai bukti bahwa perbedaan-perbedaan itu sejatinya adalah indah untuk kita rayakan bersama untuk membangun hubungan yang harmonis dan penuh tolerant.

Karena, kita perlu menaruh simbol festival kembang api di malam pergantian tahun baru ini dengan nama (festival kembang api toleransi). Sebagai bukti, tahun 2022 adalah tahun di mana kita menghidupkan nilai-nilai toleransi satu-sama lain. Di mana, kita bisa hidup berdampingan tanpa memikirkan boleh atau tidak. Kita bisa saling menghormati dan saling membangun hubungan yang erat tanpa membeda-bedakan identitas keyakinan tertentu. .

Karena, saya memahami betul. Bahwa kembang api itu terasa indahnya karena ada perbedaan warna yang menjadi satu. Kita bisa merasakan betapa indahnya percikan kembang api di malam pergantian tahun baru itu. Kita menyadari betul, bahwa warna-warni itu adalah indah dan nyaman untuk dipandang. Kita bisa memilih kembang api sebagai festival untuk merayakan malam tahun baru karena ada percikan yang indah di kembang api tersebut.

Lantas, kesadaran-kesadaran yang semacam ini sebetulnya juga kita perlu tanam dalam diri kita. Di mana, keindahan untuk menerima perbedaan secara toleran, harmonis dan bersaudara itu adalah keindahan hidup yang sejati. Untuk kita tanam di tahun 2022 nanti. Sebagai bukti, bahwa indahnya merayakan pergantian tahun baru tidak hanya sekadar menjadi perayaan-perayaan yang tidak memberi pesan bagi perjalanan kita di tahun 2022 nanti.

Sebagaimana tulisan ini. Saya hanya ingin menunjukkan satu poin penting di balik perayaan kembang api tersebut. Sebagaimana, festival kembang api itu tidak hanya sekadar menandakan kita gembira merayakan malam pergantian tahun baru. Tetapi, kegembiraan kita melihat kembang api adalah satu bukti bahwa kita begitu senang terhadap hal-hal yang indah. Sebagaimana, keindahan kembang api terdapat warna-warni percikan api. Maka, perbedaan atau warna-warni perbedaan keyakinan yang kita miliki tampaknya begitu indah untuk kita rayakan.            

Jadi, marilah kita rayakan festival kembang api di tahun baru itu sebagai festival kembang api toleransi. Di mana, perbedaan warna percikan kembang api yang kita lihat adalah representasi bahwa keindahan dalam perbedaan yang disikapi secara harmonis merupakan satu hal penting perlu kita rayakan dan perlu kita bangun di tahun 2022 nanti.

Facebook Comments