Menyelami Kisah-Kisah Heroik dan Perjuangan Para Pahlawan

Menyelami Kisah-Kisah Heroik dan Perjuangan Para Pahlawan

- in Suara Kita
1076
0
Menyelami Kisah-Kisah Heroik dan Perjuangan Para Pahlawan

Pada hakikatnya, para pahlawan bangsa di masa lalu itu sejatinya (beragam). Mereka tidak hanya berasal dari satu etnis, satu golongan atau-pun satu agama. Artinya, mereka seperti “mengesampingkan identitas personal” untuk membangun kebersamaan yang komunal. Demi tujuan yang satu, yaitu kemerdekaan bangsa Indonesia.

Jadi, jangan merasa paling benar atau-pun merasa paling berkuasa di negeri ini. Lalu membawa klaim bahwa kemerdekaan bangsa ini hanya dianggap tegak dan ditegakkan oleh satu kelompok saja. Padahal, kemerdekaan bangsa yang diperjuangkan oleh para pahlawan di masa lalu itu berkat persatuan. Artinya, mereka itu datang dari rahim yang beragam. Hingga, mereka memiliki kesadaran nasionalis untuk bersama melawan penjajah untuk kemerdekaan negeri ini.

Menjaga Keragaman adalah Cara Menghormati Perjuangan Para Pahlawan

Dari sini kita perlu sadar dan paham. Bahwa, hidup berbangsa dan bernegara yang saling menghargai satu sama lain itu sejatinya bentuk cara kita untuk mempertahankan entitas dari awal-mula kemerdekaan bangsa ini. Yaitu berbeda-beda tetapi memiliki satu tujuan yaitu kemerdekaan Indonesia. Maka, dalam kehidupan saat ini yang beragam itu, tentu hidup dalam keragaman yang harmonis dan penuh kedamaian itu perlu dibangun.

Maka, jangan merasa paling benar. Atau-pun merasa paling berkuasa. Ketika dirinya menjadi kelompok mayoritas, lalu dengan mudah-nya mendeskriminasi mereka yang minoritas. Karena, tindakan yang demikian itu sama saja melecehkan perjuangan para pahlawan. Karena, perjuangan pahit para pahlawan bangsa untuk memerdekakan bangsa ini justru hancur karena rasa egoisme kita untuk saling ber-konflik karena merasa paling benar.

Maka, cobalah untuk menyelami kisah-kisah heroik dan perjuangan para p0ahlawan yang beragam itu. Karena, inspirasi kepahlawanan itu akan terbangun, ketika kisah-kisah heroik dan perjuangan para pahlawan itu diselami. Karena, dengan menyelami kisah-kisah heroik dan perjuangan para pahlawan, niscaya akan menghasilkan semacam kesadaran diri yang nasionalis. Hingga, justru lebih menjaga persatuan dan kebersamaan demi menjaga NKRI yang sejatinya perlu kita cintai ini.

Karena, kita akan menyadari. Bahwa, betapa cintanya para pahlawan di masa lalu terhadap negeri ini. Mereka berjuang mati-matian mengorbankan hidup dan matinya untuk mempertahankan dan terus memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. Tidak ada rasa takut atau-pun berinisiatif untuk mundur. Melainkan terus maju hingga titik darah penghabisan.

Jangan Egois dalam Bernegara

Jadi, cobalah untuk sadar dan benahi jalan berpikir kita yang selalu merasa paling benar, merasa paling authentic atau-pun selalu membawa entitas keagamaan yang intolerant. Jangan biarkan NKRI yang diperjuangkan oleh para pahlawan di masa lalu hancur karena ulah kita. Merasa berkuasa sebagai mayoritas. Selalu ingin ber-konflik dan selalu mengedepankan egoisme masing-masing.

Karena, bangsa ini bisa tegak menjulang seperti yang kita rasakan itu adalah berkat para pahlawan di masa lalu. Mereka mengikat kebersamaan untuk berjuang mati-matian melawan para penjajah. Mereka terus ingin memperjuangkan negeri ini. Sampai akhir hayat mereka. Hingga kemerdekaan itu bisa kita rasakan sampai detik ini.            

Maka dari sinilah. Penghayatan kita terhadap para pahlawan itu perlu terbangun. Di mana, mereka mengikat identitas mereka masing-masing dalam satu tali persatuan untuk kemerdekaan Indonesia. Maka, hidup dalam keragaman yang aman, nyaman, damai dan penuh kebersamaan itu adalah cara kita paling etis untuk menghormati perjuangan para pahlawan.

Facebook Comments