Optimalisasi Jalan Pentahelix Memberantas Ideologisasi Khilafah

Optimalisasi Jalan Pentahelix Memberantas Ideologisasi Khilafah

- in Suara Kita
219
0
Optimalisasi Jalan Pentahelix Memberantas Ideologisasi Khilafah

Kalau kita amati. Munculnya gerakan konvoi yang dilakukan kelompok khilafatul muslimin  itu, sejatinya hanyalah strategi “mengalihkan pusat perhatian”. Agar, kita beranggapan bahwa kelompok ini tidak membahayakan. Padahal, fakta yang sesungguhnya, mereka itu tidak hanya berhenti dalam aktivitas konvoi semata. Akan tetapi, mereka itu bergerak dari berbagai arah secara aktif dan masif menyebarkan paham khilafah di beberapa daerah di Indonesia.

Keberadaan khilafatul muslimin ini bersembunyi dengan beragam kedok dan ber-kamuflase dengan motif yang berbeda-beda, tanpa kita sadari. Bahkan, meskipun petinggi dari kelompok tersebut yaitu Abdul Qadir Baraja telah ditangkap. Namun itu bukan menjadi penghalang bagi (anak buahnya) beserta jajaranya. Untuk terus membangun gerakan ideologisasi dan provokasi ideologi khilafah tersebut. .

Maka, di sinilah pentingnya (optimalisasi) jalan pentahelix. Guna memberantas akar-rumput ideologisasi khilafah. Guna membongkar segala kedok dan kamuflase yang mereka gunakan. Untuk kita cegah dan kita berantas dengan melibatkan banyak pihak. 

Pertama, melibatkan social power (masyarakat). Hal yang paling terpenting dari peran masyarakat adalah mendeteksi adanya semacam aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan ideologisasi khilafah. Misalnya, gerakan khilafatul muslimin itu begitu lihai. Mereka mengalihkan fokus perhatian kita terhadap konvoi.

Padahal, di balik itu, ada penyebaran atau ideologisasi yang begitu aktif dan masif. Mereka masuk ke berbagai ranah yang menjadi celah seperti ranah keagamaan. Seperti dalam motif pengajian. Maka, di sinilah kadang masyarakat perlu terlibat. Guna melaporkan dan bertindak untuk tidak memberikan ruang bagi kelompok tersebut. Ketika menjalankan misi ideologisasi di mana-pun yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat.

Kedua, keterlibatan media juga sangat berperan penting. Untuk memberantas ideologisasi khilafah melalui platform digital. Karena, sekali lagi kita harus paham. Bahwa, kemunculan khilafatul muslimin itu adalah strategi. Agar, kita menganggap bahwa gerakan tersebut hanya sebatas konvoi semata. Sebab, yang kita tidak tahu dan yang mereka sembunyikan dari kita adalah (jejak ideologisasi) yang begitu transparan.

Sebagaimana, ditemukannya platform media digital yaitu buletinkaffah.id. Mereka dari edisi 1 sampai edisi 247. Itu semua berisi tentang narasi menjelek-jelekkan pemerintah. Menganggap negara ini tidak sesuai dengan syariat-nya dan berupaya membangun argumentasi bahwa khilafah sebagai solusi. Maka, dari sini sebetulnya kita bisa memahami. Milik siapakah situs web tersebut. Jadi, di sinilah pentingnya pelibatan media untuk aktif memberantas ideologisasi khilafah.

Ketiga, keterlibatan dunia akademik atau akademisi sangatlah penting. Sebagai penyuluhan, edukasi, penyadaran dan penguatan masyarakat. Baik secara wawasan dan pemahaman. Tentang bahayanya ideologi khilafah dan bagaimana peran akademisi mampu terlibat atas pencerdasan masyarakat. Agar, anti terhadap ideologi yang sengaja bergerak dan bertentangan dengan nilai bangsa. Pun, akademisi juga perlu menjaga instansi-nya dari penyusup ideologi tersebut.

Keempat, pelibatan dunia usaha untuk bisa terlibat dalam aktivitas-aktivitas yang bisa bekerja aktif. Secara pencegahan terhadap ideologisasi khilafah. Seperti mengedukasi karyawan-nya serta mensteril-kan lingkungan dunia usaha tersebut dari pemahaman yang semacam itu. Bahkan, memberikan lapangan pekerjaan juga merupakan bagian dari hal penting. Guna memutus penyebaran ideologisasi khilafah. Karena penyebaran ideologi khilafah sering-kali memanfaatkan masyarakat yang nota-bene “lemah” secara ekonomi. Sehingga, diimingi berbagai janji.

Kelima. Keterlibatan pemerintah tentunya menjadi hal (barisan terdepan) pencegahan ideologisasi khilafah tersebut. Utamanya terhadap gerakan khilafatul muslimin. Di mana, pemerintah sangatlah penting membangun semacam regulasi. Membangun UU yang mengatur dan bisa memutus penyebaran ideologi yang bertentangan dengan falsafah bangsa dan Pancasila. Maka, di sinilah peran pemerintah sebagai kekuatan utama untuk maju memberantas penyebaran ideologi khilafah tersebut.

Maka, dari lima unsur dari cara kerja (pentahelix) yang semacam inilah. Niscaya kita bisa bersama-sama di setiap ranah. Untuk terlibat aktif dalam memberantas ideologisasi khilafah di negeri ini. Kita perlu bekerja-sama satu-sama lain di berbagai bidang yang dimaksud. Semata, menutup celah-celah yang sering-kali dimanfaatkan oleh pengasong ideologisasi khilafah tersebut.

Facebook Comments