Tidak Perlu Mengkritisi Toleransi, Cobalah Lihat Negara yang Penuh Konflik Itu!

Tidak Perlu Mengkritisi Toleransi, Cobalah Lihat Negara yang Penuh Konflik Itu!

- in Suara Kita
336
0
Tidak Perlu Mengkritisi Toleransi, Cobalah Lihat Negara yang Penuh Konflik Itu!

Terkadang, masih ada orang yang sibuk mengkritisi toleransi, meragukan boleh atau tidaknya dan bahkan khawatir, toleransi menyebabkan akidahnya goyah. Padahal, toleransi jelas-jelas akan membawa maslahat dan intoleransi akan membawa kemudharatan. Karena selalu dipenuhi konflik dan permusuhan.

Cobalah kita belajar terhadap konflik berkepanjangan yang ada di negara-negara timur-tengah itu. Kita mungkin akan diperlihatkan oleh suasana yang sangat mencengkeram. Setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun mereka tidak pernah hidup tenang. Bom meledak di mana-mana. Suara-suara mesin senjata api terus membuat pikiran kita hanya terarah ke dua jalan (hidup atau mati). Mayat-mayat tergeletak di mana-mana. Karena kematian bagi mereka selalu menanti setiap harinya.

Lantas, bagaimana mungkin mereka bisa hidup tenang, ibadah tenang dan anak-anak bisa belajar dengan nyaman? Sedangkan kondisi setiap harinya penuh kekacauan akibat peperangan? Beginilah hidup di tengah konflik. Mereka tidak akan pernah merasakan nikmatnya makanan di meja makan bersama keluarga. Tidur mereka selalu diselimuti oleh rasa takut. Kegembiraan dan kenyamanan dalam hidup hanyalah menjadi harapan-harapan yang diiringi dengan tangisan-penderitaan. Kapan ini bisa selesai?

Fungsi Toleransi

Kisah yang saya paparkan di atas merupakan fakta sejarah di balik ketidaknyamanan hidup di tengah konflik. Maka, di sinilah pentingnya toleransi di tengah kemajemukan di negeri ini. Hanya demi menjaga tatanan sosial kita bisa terhindar dari konflik, permusuhan, kebencian dan pertumpahan darah layaknya negara-negara timur tengah yang merasakan pahitnya konflik.

Sebab, toleransi akan membuat kita hidup tenang, nyaman, aman dan damai. Ibadah-pun kita akan menjadi lebih nyaman dan tenang-pula. Hubungan sosial menjadi lebih harmonis dan anak-anak bisa belajar dengan riang-gembira. Tanpa dilumuri rasa takut. Sebab, toleransi tidak lain memiliki fungsi untuk menjaga kehidupan kita di tengah kemajemukan itu agar terhindar oleh konflik.

Karena, toleransi sejatinya memiliki satu kinerja sosial yang bisa menghindari konflik-konflik sebagaimana yang saya paparkan di atas. Yaitu, hanya ingin membuat kita bisa bersaudara dengan mereka yang berbeda. Hanya ingin membuat kita bisa bersama secara harmonis tanpa ada kebencian. Hanya ingin membuat kita terus memiliki spirit persatuan untuk menjaga bangsa ini dari berbagai ancaman. Termasuk ancaman kehancuran akibat konflik karena perbedaan keyakinan itu.

Seperti Apakah Tahun Toleransi Itu?

Tahun 2022 kita memiliki harapan besar menjadikan toleransi sebagai basis budaya kita bersama. Artinya, dalam banyak hal dan segala hal. Toleransi itu perlu menjadi asas tunggal dari segala perbuatan kita. Karena, maksud dari tahun toleransi, kita perlu menjalani hari-hari yang tolerant dan meninggalkan hal-hal yang bersifat intolerant.

Sebagaimana, tahun 2022 ini adalah satu peluang besar bagi kita. Untuk mengembalikan toleransi sebagai prinsip hidup berbangsa dan bernegara. Karena memang, tahun toleransi adalah sikap kita untuk menciptakan kehidupan di tahun ini tanpa intoleransi, tanpa permusuhan dan tanpa pertumpahan darah. Karena, kita bisa mengerti apa dan bagaimana hidup di tengah konflik itu?

Jadi, mengapa kita begitu sulit untuk bisa hidup tolerant? Pun, masih sering mengkritisi, menimbang halal-haram dan selalu merasa curiga karena takut akidahnya goyah. Padahal, toleransi itu sebetulnya memiliki dua point. Yaitu membawa maslahat dan meninggalkan mudharat. Relasi hukum yang semacam ini tentunya memiliki kebenaran etis yang dianjurkan dalam hukum agama.            

Bahkan, tujuan agama sebetulnya memang mengacu kepada dual hal tadi. Yaitu meninggalkan kemudharatan dan mendekatkan kepada kemaslahatan. Sebab, intoleransi selalu membawa kemudharatan bagi negeri. Sedangkan toleransi akan membawa kemaslahatan bagi negeri ini. Jadi, tahun toleransi adalah tahun yang akan membawa maslahat bagi umat yang harus kita realisasikan bersama.

Facebook Comments