Pada tahun 2019, sebuah artikel berjudul Constructing and Conducting an Interreligious Ecotheological Leadership in Environmental Science Perspective yang ditulis oleh Romo Aloys Budi Purnomo membahas tentang bagaimana membangun sebuah kepemimpinan ekoteologis antar-agama. Pandangan ini penting untuk diterapkan bagi Indonesia karena ia sekaligus menyentuh dua permasalahan serius yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia, yaitu permasalahan lingkungan dan hubungan antar-agama. Kepemimpinan ekoteologis antar-agama menempatkan kepentingan lingkungan sebagai titik temu kepemimpinan antar-agama untuk bergerak dalam harmoni.
Permasalahan lingkungan memang tidak bisa dilepaskan dari permasalahan antar-agama. Laiknya sebuah hubungan timbal-balik, konflik antar-agama dapat menghasilkan permasalahan lingkungan seperti permasalahan lingkungan juga berpotensi menghasilkan konflik antar-agama. Kedua isu harus dihadapi secara bersamaan agar terwujud keselarasan yang saling membangun dalam memperjuangkan keduanya.
Dalam artikelnya, Romo Budi mengemukakan lima karakter yang diperlukan dalam membangun kepemimpinan ekoteologis antar-agama, yaitu empati, sinergi, solidaritas, evaluasi, dan seruan pertobatan lingkungan. Kelima karakter ini saling bertalian dalam membangun kepemimpinan ekoteologis antar-agama. Tulisan ini akan membahas satu-persatu poin-poin tersebut untuk menunjukkan pentingnya kepemimpinan antar-agama dalam mengatasi permasalahan lingkungan.
Pertama, manusia harus membangun empati untuk dapat betul-betul memahami permasalahan lingkungan. Membangun empati memungkinkan kita untuk betul-betul memahami dampak apa yang dirasakan oleh lingkungan dan manusia sebagai bagian dari lingkungan. Empati akan menggarisbawahi keterkaitan yang erat antara manusia dan alam. Dengan begitu, kita dapat mendorong kesadaran bersama tentang tanggung jawab kita bersama terhadap bumi yang menjadi pijakan semua umat beragama.
Kedua, kita harus bersinergi dengan berbagai pihak demi keutuhan seluruh ciptaan. Dalam membangun sinergi demi keutuhan seluruh ciptaan, kerjasama antar-agama menjadi esensial. Ketika orang-orang dengan berbagai keyakinan berkomitmen untuk bekerja bersama dalam upaya pelestarian lingkungan, hal ini menciptakan pondasi yang kuat untuk mencapai tujuan bersama. Keutuhan seluruh ciptaan dapat diwujudkan melalui pemahaman dan pengakuan bersama akan tanggung jawab kita bersama akan bumi ini.
Oleh karena itu, penting untuk merangkul pluralitas agama dengan memahami bahwa nilai-nilai lingkungan dapat ditemukan dan diakui dalam berbagai ajaran agama yang beragam di Indonesia. Dengan cara ini, sinergi antar-agama bukan hanya menjadi strategi efektif dalam mengatasi tantangan lingkungan, tetapi juga menjadi cermin solidaritas universal yang memandang lingkungan sebagai tanggung jawab bersama untuk keberlanjutan hidup.
Ketiga, penting untuk membangun solidaritas yang berpihak pada orang-orang miskin dan mereka yang terpinggirkan di masyarakat. Solidaritas ini menjadi dasar moral untuk upaya bersama dalam menjaga dan memulihkan ekosistem. Hubungan antar-agama yang harmonis akan menunjukkan bahwa nilai-nilai kemanusiaan yang diemban oleh berbagai keyakinan dapat menjadi pondasi bersama dalam melibatkan berbagai komunitas agama dalam pelestarian lingkungan.
Pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama-agama tertentu dapat memberikan pandangan unik tentang tanggung jawab moral terhadap alam. Dengan membangun jembatan antar-agama dalam konteks perlindungan lingkungan, kita dapat menggali kesamaan nilai etis yang mendorong keterlibatan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, solidaritas yang memperhatikan keberpihakan pada orang-orang miskin dan terpinggirkan, ditambah dengan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai agama, menjadi landasan kokoh dalam membangun kepemimpinan ekoteologis bersama demi keberlanjutan dan keadilan lingkungan.
Keempat, evaluasi harus terus dilakukan dalam usaha perbaikan bersama, yang diwujudkan melalui dialog antar-agama tentang lingkungan. Poin ini memandu kita pada suatu proses evaluatif yang berkelanjutan, yang dapat diwujudkan melalui dialog bersama mengenai isu-isu lingkungan. Penting untuk mengakui bahwa perspektif agama dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk paradigma lingkungan.
Dialog antar-agama dapat berfungsi sebagai landasan untuk memahami peran dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Melalui dialog ini, dapat terbentuk pemahaman yang lebih mendalam mengenai nilai-nilai lingkungan yang diakui dan dijunjung tinggi oleh berbagai tradisi agama. Solidaritas antar-agama menjadi kunci untuk mencapai tujuan bersama dalam menjaga bumi ini. Dengan berfokus pada titik temu antar-agama yang menekankan tanggung jawab kolektif terhadap alam, kita dapat memperkuat ikatan sosial dan spiritual dalam upaya perlindungan lingkungan.
Kelima, keberanian yang dengan penuh kasih menyerukan pertobatan lingkungan bagi diri sendiri dan orang-orang terdekat. Pentingnya hubungan antar-agama dalam konteks ini tidak hanya sebagai landasan moral, tetapi juga sebagai elemen krusial dalam merayakan keberagaman agama. Berbagai titik temu yang mendasar dalam ajaran-ajaran yang menekankan tanggung jawab dan cinta terhadap ciptaan Tuhan.
Oleh karena itu, dalam panggilan pertobatan lingkungan, kita dapat menggali prinsip-prinsip yang terkandung dalam berbagai agama untuk membentuk sebuah narasi bersama yang mendukung keseimbangan ekologis. Melalui dialog antar-agama, kita dapat mengakui dan menghormati perbedaan keyakinan, sambil bersama-sama merajut kesadaran akan tanggung jawab kolektif dalam menjaga keberlanjutan ekosistem bagi generasi mendatang.
Dalam usaha mencapai pelestarian lingkungan dan hubungan antar-agama yang harmonis, kelima karakter kepemimpinan ekoteologis antar-agama memberikan landasan yang kokoh. Pertama-tama, pemahaman mendalam melalui empati menjadi landasan penting untuk memahami kompleksitas permasalahan lingkungan. Kedua, sinergi lintas komunitas beragama menjadi kunci dalam menjaga keutuhan ciptaan, dengan menghadirkan kesatuan dalam perjuangan pelestarian lingkungan.
Selanjutnya, solidaritas yang berpihak pada mereka yang miskin dan terpinggirkan menegaskan inklusivitas dan keadilan dalam upaya perlindungan lingkungan. Keempat, evaluasi terus-menerus melalui dialog bersama antar-agama menjadi instrumen penting dalam perbaikan yang berkelanjutan.
Terakhir, seruan untuk pertobatan lingkungan menunjukkan bahwa pelestarian lingkungan bukanlah tanggung jawab individu semata, melainkan panggilan bersama untuk semua umat beragama. Dengan implementasi kelima karakter kepemimpinan ekoteologis antar-agama, diharapkan terjalin hubungan antar-agama yang kokoh, bersama-sama menjadi penjaga kelestarian alam demi masa depan yang berkelanjutan.
This post was last modified on 26 Desember 2023 5:36 PM
Agama dan politik di Indonesia selalu menjadi isu yang sensitif sekaligus penting. Keduanya memiliki kekuatan…
Sesungguhnya, agama tidak pernah bertentangan dengan politik. Agama dan politik itu sifatnya integratif. Agama dapat…
Pada mulanya politik adalah sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang mulia. Politik adalah seni untuk…
Menjelang Pilkada Serentak 2024, ruang digital di Indonesia menjadi semakin sibuk. Media sosial, yang telah…
Tahun 2024 adalah tahun politik. Pesta demokrasi melalui Pemilu telah. Kini masyarakat siap menyambut pemilihan…
Kelompok konservatif seperti Hizbut Tahrir Indonesia selalu menjadikan agama sebagai palang pintu terakhir segala problematika…