Kita mengenal Bung Tomo, Jenderal Sudirman, I Gusti Ngurah Rai, Agustinus Adisudjipto, Kapten Pierre Tendean, Sam Ratulangi, R.A. Kartini, hingga Maria Walanda Maramis.
Sekian nama itu hanyalah cuplikan dari banyaknya tokoh pahlawan nasional Indonesia. Dari beberapa nama tadi, ada satu fakta yang bisa menjadi bahan refleksi, yaitu bahwa keragaman latar belakang ras, suku, gender, dan agama tidak membuat visi mereka terpecah belah.
Para pahlawan bangsa melangkah menuju satu tujuan yang sama yaitu kemerdekaan bangsa Indonesia.
Sudah akrab di telinga bahwa Bung Tomo adalah seorang Muslim yang taat. Ia selalu menyebut nama Allah dalam setiap orasinya. Dalam orasi pertempuran 10 November, ia bahkan mengakhirinya dengan bertakbir sebanyak tiga kali.
R.A. Kartini memiliki kehidupan yang berbeda. Kartini hidup di tengah keluarga Muslim ningrat, bergaul dengan rekan-rekan Kristen, kemudian terpesona pada ajaran Buddha. Latar belakang para pahlawan itu tidak pernah menjadi isu satu sama lain. Mereka diikat oleh cita-cita luhur kemerdekaan bangsa, bukan oleh semangat primordialitas.
Semangat itu sulit ditemukan dalam konteks kehidupan kita sekarang. Sebagian kita justru lebih tertarik untuk bertanya soal identitas agama terlebih dahulu sebelum mengulik apa kontribusinya bagi orang lain.
Jika sikap ini terjadi sebelum zaman kemerdekaan, sukar membayangkan bagaimana bangsa Indonesia bisa dipersatukan. Para pahlawan kita telah menyontohkan bahwa nasionalisme merupakan kunci ikatan keberagaman.
Ragam latar belakang itu diikat dengan simpul nasionalisme dan anti penjajahan. Ironisnya, sebagian kita, atau bahkan kita sendiri, sekarang justru bersikap sebaliknya.
Kita mengaku nasionalis, namun secara tidak sadar mengingkari keberagaman. Saya kira Ir. Soekarno, Bung Hatta, dan para proklamator itu akan kecewa melihat bangsa yang sudah mereka persatukan dalam proklamasi, kini sibuk dengan tensi politik identitas yang tak terhenti.
Saya khawatir akan menyimpulkan bahwa kultur keberagaman kita akan berfungsi efektif jika dihadapkan dengan satu musuh bersama. Bagaimana tidak, para penjajah di era sebelum kemerdekaan berhasil menyatukan rakyat Nusantara.
Misalnya, bangsa kita juga pernah relatif rukun ketika dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Meskipun ketika pandemi berangsur hilang, kita kembali tersegregasi.
Artinya, jika kita hidup tanpa ancaman, apakah kita tidak dapat bersatu? Apakah sikap kita sudah mencerminkan apa yang dicita-citakan oleh para pahlawan bangsa? Tentu refleksi ini bukan “Q&A” yang mengandaikan respon cepat atas banyak pertanyaan.
Para pejuang kita memiliki semangat membasmi ancaman, bukan menciptakan ancaman. Misalnya, sebuah kelompok yang menganggap keyakinan lain sebagai ancaman. Menurut saya, itu bukanlah sikap kebangsaan yang diwariskan oleh para pahlawan.
Pertama, para pahlawan kita sudah mendesain Indonesia sebagai negara plural dan tidak ada lagi perdebatan tentang hal itu. Kedua, definisi ancaman dalam konteks nasionalisme adalah musuh yang bisa merugikan bangsa negara, bukan hanyak kepentingan kelompok mereka.
Jika mereka tetap melakukan itu, maka itu tidak lebih dari sebuah egoisme beragama semata. Dalam hemat saya, banyak nilai-nilai dari pahlawan nasional yang bisa diimplementasikan dalam perilaku kita di era disrupsi ini, misalnya prinsip perjuangan, keadilan, demokratis, dan perdamaian.
Secara kontekstual, kita bisa menerapkan prinsip perdamaian dengan, misalnya, tidak memecah belah, tidak menyebarkan hoax, dan tidak berbuat rusuh di media sosial. Prinsip demokratis misalnya, bisa kita eksternalisasikan lewat sikap toleransi, sikap saling menghargai, dan tidak diskriminatif.
Kehidupan berbangsa semacam ini dalam hemat saya menjadi luaran utama dari perjuangan para pahlawa bangsa yang berdarah-darah itu. Sekali lagi, refleksi ini adalah bentuk ekspresi dari peringatan Hari Pahlawan yang perlu dilakukan.
Walakhir, bagi bangsa Indonesia, November adalah satu bulan yang patut dirayakan. Peringatan Hari Pahlawan mengambil momentum pertempuran di Surabaya yang terjadi di bulan ini, tepatnya 10 November 1945. Pertempuran Surabaya itu menjadi salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah perjuangan nasional.
Sangat disayangkan jika kita hanya mengedepankan unsur seremonial belaka ketika memperingati hari besar nasioal. Hari Pahlawan misalnya. Hari yang diperingati setiap tahun itu, faktanya, bisa menjadi momentum refleksi kita untuk menghayati nilai-nilai perjuangan yang dipesankan para pahlawan bangsa.
Selain untuk me-recall kembali kisah-kisah heroik para pahlawan bangsa, refleksi di atas berfungsi untuk menguji sikap kebangsaan kita, apakah masih berpayung dalam semangat nasionalisme atau justru terbelenggu dalam ikatan identitas kelompok masing-masing.
Moh. Yamin pernah berkata,
“Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.”
Sebagai sebuah ideologi dan gerakan, FPI dan HTI harus diakui memang punya tingkat resiliensi yang…
Temu Muda Muslimah 2024 yang digelar di Palembang kiranya dapat dibaca dari dua sisi. Di…
Menarik membaca manuver eks-HTI pasca organisasi itu dibubarkan. Salah satu pentolan eks-HTI, Felix Shiaw mengatakan…
Hari Pahlawan adalah momen untuk mengenang dan melanjutkan semangat juang para pahlawan bangsa dalam konteks…
Kelompok radikal-ekstrem seolah tidak pernah kehabisan ide dan cara untuk mengobok-obok negara. Gagal mengganti dasar…
Khalid Basalamah menjadi satu ikon pendakwah salaf nasional yang bisa dibilang cukup kontroversial. Pada 2022,…