Narasi

Kejahatan Terbesar adalah Kejahatan Bertopeng Agama

“ Tidak ada kejahatan yang paling saya benci selain kejahatan mengatasnamakan agama” begitulah kira-kira penegasan tegas) R Ahmad Nurwahid, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Dalam satu kegiatan Sharing Session Kontributor Jalan Damai secara virtual (3/3/21). Rasanya penegasan itu menghujam batin saya dengan sekian pertanyaan. Apakah memang ada kejahatan yang mengatasnamakan agama?

Saya mengajak diskusi teman saya dengan satu pertanyaan tentang kejahatan. Saya memulai dengan pertanyaan dengan nada kritis mana yang lebih besar kejahatan korupsi atau terorisme? Bukankah korupsi juga kejahatan luar biasa yang memberikan dampak besar bagi rusaknya bangsa dan kesejahteraan masyarakat?

Teman saya menjawab keduanya memang sama-sama kejahatan kemanusiaan luar biasa yang berdampak kepada kehidupan kemanusiaan. Namun, ingat! Koruptor menyadari itu sebagai kejahatan, berbeda dengan teroris yang menyadari tindakannya sebagai kebenaran atas nama agama. Teroris memaknai tindakan kejahatannya yang memakan korban sebagai bagian dari tugas suci agama.

Nah, Saya terhenyak mendengar jawaban tersebut. Ternyata kejahatan yang mengatasnamakan agama bukan hanya merusak tatanan sosial suatu bangsa, tetapi secara nyata merusak mental dan ideologi yang membenarkan tindakan kekerasan atas nama agama. Bagaimana agama yang mengajarkan kedamaian diekspresikan dengan kekerasan? Bagaimana mungkin agama yang menghormati nyawa justru dengan mudah menjadi alat pembenaran untuk menghilangkan nyawa manusia? Dan mana mungkin agama dengan ajaran yang suci justru diekspresikan dengan perilaku yang keji.

Sejarah membuktikan agama kerap menjadi alat dan topeng kepentingan politik di semua agama di dunia ini. Kejahatan terbesar dari tragedi kemanusiaan lahir dari bencana yang mengatasnamakan agama. Bukan agama itu sendiri yang mengajarkan tragedi, tetapi kerap kali umat beragama menafsirkan sempit atau sengaja menjadikan agama sebagai alat pembenaran.

Menghindari Manipulasi Agama

Kejahatan kemanusiaan yang mengatasnamakan agama sejatinya kejahatan yang merusak agama itu sendiri. Mereka kelompok radikal selalu memanipulasi agama untuk kepentingan politiknya. Agama dijadikan topeng bahkan senjata untuk merusak tatanan sosial yang ada.

Pertanyaan berikutnya yang masih membingungkan mungkinkah ada dimensi agama yang rentan dijadikan pembenaran? Apakah memang ada ajaran agama yang potensial dimanipulasi untuk kepentingan politik?

Agama memiliki dua dimensi penting yang semestinya tidak boleh dipertentangkan dan dihilangkan. Dua aspek tersebut : aspek formal dan subtansial, aspek sosial dan spiritual. Ketika agama hanya ditampilkan dan dikuatkan dalam bentuk formal ia akan menghilangkan aspek subtansialnya. Begitu pula sebaliknya. Agama juga mempunyai dimensi sosial yang tidak bisa dihilangkan dengan hanya bertumpu pada aspek spiritual.

Menyeimbangkan antara dua hal ini adalah bagian dari cara beragama yang moderat. Islam mengajarkan umatnya untuk tidak berlebihan pada aspek formal atau subtansial, begitu pula dalam aspek sosial dan spiritual. Ketika individu atau kelompok beragama jatuh dalam sikap berlebihan akan jatuh pula dalam tindakan yang sering mengatasnamakan agama.

Kelompok radikal yang mengatasnamakan agama melakukan kejahatan kemanusiaan atas nama agama karena mereka hanya mementingkan aspek formal bukan subtansi agama. Mereka merasa penting berpenampilan agamis, tetapi tidak bersikap relijius. Mereka mementingkan berdirinya negara yang formal atas nama agama, walaupun tidak mencerminkan kemashlahatan bersama sebagaimana tujuan agama itu sendiri.

Karena itulah, menghindari manipulasi agama umat beragama harus kembali dalam posisi yang sudah dipuji oleh Tuhan, yakni ummatan washatan. Umat agama yang berdiri di tengah antara arus formalism dan subtansialisme. Tidak ada klaim yang bisa diterima dengan dalil manapun yang menghilangkan nyawa mereka tidak bersalah atas nama agama. Tidak dalil agama manapun yang membenarkan tindakan teror atas nama agama.

Terorisme dan radikalisme adalah musuh agama karena sebagai fitnah bagi agama dan musuh negara karena menjadi ancaman keutuhan bangsa. Selamatkan agama dan bangsa ini dari individu dan kelompok yang selalu mempolitisasi agama demi kepentingan mereka.

This post was last modified on 4 Maret 2021 1:32 PM

Ernawati Ernawati

Recent Posts

Demistifikasi Agama dan Politik Inklusif untuk Kemanusiaan

Agama dan politik di Indonesia selalu menjadi isu yang sensitif sekaligus penting. Keduanya memiliki kekuatan…

17 jam ago

Merawat Hubungan Agama dan Politik yang Bersih dari Politisasi Agama

Sesungguhnya, agama tidak pernah bertentangan dengan politik. Agama dan politik itu sifatnya integratif. Agama dapat…

17 jam ago

Agama (Tidak) Bisa Dipisahkan dalam Politik?

Pada mulanya politik adalah sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang mulia. Politik adalah seni untuk…

17 jam ago

Ruang Maya Sehat, Demokrasi Kuat

Menjelang Pilkada Serentak 2024, ruang digital di Indonesia menjadi semakin sibuk. Media sosial, yang telah…

2 hari ago

Mencegah Mudharat “Jualan Agama” Pada Pilkada 2024

Tahun 2024 adalah tahun politik. Pesta demokrasi melalui Pemilu telah. Kini masyarakat siap menyambut pemilihan…

2 hari ago

Prinsip Teo-Antroposentrisme Kuntowijoyo, Jembatan antara Dimensi Ilahi dan Realitas Sosial

Kelompok konservatif seperti Hizbut Tahrir Indonesia selalu menjadikan agama sebagai palang pintu terakhir segala problematika…

2 hari ago