Narasi

Semangat Idul Adha dalam Mereduksi Bahaya Egosentrisme Beragama

Idul Adha, atau Hari Raya Kurban, bukan hanya tentang ritual penyembelihan hewan kurban semata. Lebih dari itu, perayaan Idul Adha membawa pesan mendalam tentang pengorbanan, ketaatan, dan solidaritas. Di balik semua itu, terdapat peluang besar untuk merenungkan dan mengikis egosentrisme beragama yang kerap muncul di tengah masyarakat.

Egosentrisme merujuk pada kecenderungan seseorang untuk melihat dunia dari sudut pandang dirinya sendiri dan menganggap pandangannya sebagai yang paling benar. Dalam ranah beragama, egosentrisme bisa berwujud keyakinan bahwa pandangan atau praktik agama pribadi adalah yang paling benar dan menolak kebenaran atau validitas pandangan atau praktik agama orang lain.

Fenomena ini bisa sangat berbahaya, terutama dalam masyarakat yang pluralistik dan multikultural, karena dapat menjadi sumber konflik antar kelompok. Munculnya prejudice (prasangka) sebagai sikap yang tidak rasional dan tidak adil dalam melihat kelompok lain dipengaruhi oleh sikap egosentrisme. Dalam praktek dan tindakan, prasangka dapat mendorong sikap ketidakadilan dan diskriminasi berdasarkan perbedaan rasa, etnis dan agama.

Egosentrisme yang begitu akut dapat berkembang menjadi pemahaman yang radikal. etika individu atau kelompok percaya bahwa keyakinan mereka harus diperjuangkan dengan cara apapun, termasuk kekerasan, maka perdamaian dan keamanan masyarakat terancam. Sejarah mencatat banyak konflik berskala besar yang bermula dari sikap egosentrisme dalam beragama.

Dalam konteks ini, Idul Adha bisa menjadi momentum untuk menyembelih ego tersebut dan menggantikannya dengan semangat kebersamaan dan toleransi. Egosentrisme adalah cermin dari cara berpikir kekanak-kanakan yang merasa benar dan paling tahu segalanya. Idul Adha mengajarkan tentang menyembelih egoism ini pada tahapan mengorbankan kepentingan diri kita.

Kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya, Ismail, adalah simbol pengorbanan yang paling tulus dan ikhlas. Namun, pengorbanan ini bukan hanya tentang tindakan fisik semata, melainkan juga tentang pengorbanan ego dan kepentingan pribadi demi menjalankan perintah Tuhan.

Dalam kehidupan sehari-hari, ini bisa diterjemahkan sebagai pengorbanan atas egoisme dan sikap merasa benar sendiri dalam beragama. Egosentrisme beragama sering kali membuat seseorang atau kelompok merasa superior dan memandang rendah mereka yang berbeda keyakinan. Sikap ini tidak hanya menimbulkan perpecahan, tetapi juga berpotensi memicu konflik dan kekerasan.

Oleh karena itu, menyembelih hewan kurban pada Idul Adha harus dimaknai juga sebagai simbol menyembelih ego dan sikap merasa benar sendiri. Idul Adha mengajarkan kita tentang pentingnya solidaritas dan kebersamaan. Pembagian daging kurban kepada fakir miskin dan mereka yang membutuhkan adalah contoh konkret dari ajaran ini.

Dalam konteks ini, Idul Adha mengajarkan bahwa kebahagiaan dan kesejahteraan harus dirasakan oleh semua orang, tanpa memandang latar belakang agama, suku, atau status sosial. Solidaritas yang tercermin dalam pembagian daging kurban seharusnya menjadi inspirasi untuk mengikis sikap egosentris dalam beragama. Ketika kita berbagi dengan sesama, kita diingatkan bahwa kita semua adalah bagian dari satu komunitas besar yang saling membutuhkan.

Idul Adha juga merupakan saat yang tepat untuk refleksi dan transformasi diri. Kita dapat merenungkan sejauh mana kita telah terbebas dari sikap egois dan merasa benar sendiri dalam beragama. Apakah kita telah mampu menghargai perbedaan dan menjalin hubungan yang harmonis dengan mereka yang berbeda keyakinan?

Novi N Ainy

Recent Posts

Demistifikasi Agama dan Politik Inklusif untuk Kemanusiaan

Agama dan politik di Indonesia selalu menjadi isu yang sensitif sekaligus penting. Keduanya memiliki kekuatan…

14 jam ago

Merawat Hubungan Agama dan Politik yang Bersih dari Politisasi Agama

Sesungguhnya, agama tidak pernah bertentangan dengan politik. Agama dan politik itu sifatnya integratif. Agama dapat…

14 jam ago

Agama (Tidak) Bisa Dipisahkan dalam Politik?

Pada mulanya politik adalah sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang mulia. Politik adalah seni untuk…

14 jam ago

Ruang Maya Sehat, Demokrasi Kuat

Menjelang Pilkada Serentak 2024, ruang digital di Indonesia menjadi semakin sibuk. Media sosial, yang telah…

2 hari ago

Mencegah Mudharat “Jualan Agama” Pada Pilkada 2024

Tahun 2024 adalah tahun politik. Pesta demokrasi melalui Pemilu telah. Kini masyarakat siap menyambut pemilihan…

2 hari ago

Prinsip Teo-Antroposentrisme Kuntowijoyo, Jembatan antara Dimensi Ilahi dan Realitas Sosial

Kelompok konservatif seperti Hizbut Tahrir Indonesia selalu menjadikan agama sebagai palang pintu terakhir segala problematika…

2 hari ago