Narasi

Benarkah Budaya Lokal Mendangkalkan Akidah ?

Dalam beberapa tahun terakhir, diskusi tentang hubungan antara Islam dan kearifan lokal semakin sering mencuat, dengan tuduhan adanya deislamisasi, desakralisasi agama, dan pendangkalan akidah. Isu ini menjadi sorotan ketika budaya lokal dianggap mengaburkan ajaran Islam yang murni.

Namun, benarkah adaptasi budaya ini mengancam kesucian agama? Atau justru menjadi sarana efektif dalam memperkuat dakwah dan mempererat harmoni sosial?

Kearifan lokal merujuk pada nilai-nilai, norma, dan praktik sosial-budaya yang berkembang dalam suatu masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi. Kearifan lokal tidak berdiri sendiri, tetapi selalu mengalami interaksi dengan agama, termasuk Islam.

Dalam sejarah penyebaran Islam di Indonesia, para wali dan ulama menggunakan budaya lokal sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran agama tanpa mengorbankan inti atau esensi dari ajaran Islam. Hal ini menunjukkan bahwa Islam memiliki kapasitas untuk beradaptasi dengan budaya lokal tanpa kehilangan kesuciannya.

Sebagai contoh, tradisi seperti peringatan Maulid Nabi atau tahlilan memiliki akar budaya yang kental di masyarakat Indonesia. Meski memiliki elemen kultural yang khas, praktik-praktik ini tetap mencerminkan ajaran dan nilai-nilai Islam seperti mengingat Allah, bershalawat kepada Nabi Muhammad, serta mempererat tali silaturahmi antarumat.

Deislamisasi merupakan istilah yang merujuk pada upaya untuk menghapus atau mengurangi pengaruh Islam dalam kehidupan sosial dan budaya suatu masyarakat. Isu ini seringkali diangkat oleh kelompok-kelompok tertentu yang melihat adanya penyimpangan dalam penerapan Islam yang mereka anggap murni. Namun, tuduhan deislamisasi yang dilakukan atas nama kearifan lokal terlihat provokatif.

Islam adalah agama yang fleksibel, memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan berbagai budaya tanpa kehilangan substansi dan ajarannya. Para ulama klasik, seperti Imam Al-Ghazali dan Ibnu Taimiyah, telah menegaskan pentingnya hikmah atau kebijaksanaan dalam menyebarkan ajaran Islam, termasuk kemampuan untuk menerima hal-hal yang tidak bertentangan dengan akidah dan syariat.

Penggabungan kearifan lokal dengan nilai-nilai Islam, seperti dalam seni tradisional, hukum adat, dan praktik sosial, bukanlah bentuk deislamisasi. Sebaliknya, ini adalah manifestasi dari kemampuan Islam untuk hidup berdampingan dengan budaya lokal dan memperkaya kehidupan spiritual masyarakat.

Desakralisasi agama berarti menghilangkan kesucian atau makna sakral dari ajaran agama. Tuduhan ini muncul ketika beberapa kelompok menilai bahwa penerapan kearifan lokal dalam praktik keagamaan telah mengaburkan batas-batas kesucian ajaran Islam. Misalnya, beberapa pihak mengkritik penggunaan elemen budaya lokal seperti musik tradisional, tarian, atau simbol-simbol adat dalam acara-acara keagamaan Islam.

Namun, kita perlu membedakan antara unsur budaya yang digunakan sebagai sarana dakwah dengan inti ajaran Islam itu sendiri. Selama elemen-elemen budaya ini tidak bertentangan dengan akidah dan syariat, penggunaannya justru bisa memperkaya pengalaman keagamaan dan membantu menyebarkan pesan Islam dengan lebih efektif. Islam memandang segala sesuatu berdasarkan niat. Jika niat dari penggunaan kearifan lokal adalah untuk memudahkan dakwah dan mempererat hubungan sosial di antara umat, maka ini sejalan dengan semangat dakwah Rasulullah yang penuh kebijaksanaan dan keluwesan.

Pendangkalan akidah adalah salah satu tuduhan serius yang sering dilontarkan terhadap penggunaan kearifan lokal dalam praktik keagamaan. Kekhawatiran ini muncul karena dianggap bahwa budaya lokal dapat mencemari kemurnian akidah Islam, terutama jika budaya tersebut memiliki elemen-elemen kepercayaan atau ritual yang berbeda dari ajaran Islam.

Namun, pendangkalan akidah tidak serta-merta terjadi hanya karena adanya elemen budaya dalam praktik Islam. Selama inti ajaran Islam, yaitu keimanan kepada Allah, ketundukan kepada syariat, dan pemahaman tentang tauhid tetap terjaga, maka kehadiran kearifan lokal tidak akan merusak akidah seorang Muslim. Justru, dalam banyak kasus, kearifan lokal membantu menguatkan ajaran-ajaran Islam dengan cara yang relevan dan dapat dipahami oleh masyarakat setempat. Islam sendiri mengajarkan toleransi dan penghargaan terhadap keragaman budaya, selama hal tersebut tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip tauhid.

Kearifan Lokal sebagai Alat Dakwah

Ditinjau dari sejarah, para wali songo yang menyebarkan Islam di tanah Jawa justru memanfaatkan kearifan lokal sebagai sarana dakwah yang efektif. Mereka tidak memaksa masyarakat untuk meninggalkan budayanya, tetapi justru mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam budaya yang sudah ada. Metode ini terbukti sukses dalam menyebarkan Islam di Nusantara tanpa konflik yang signifikan.

Kearifan lokal seperti gotong royong, musyawarah, dan rasa hormat kepada sesama manusia adalah nilai-nilai yang sejalan dengan ajaran Islam. Bahkan, dalam beberapa hal, kearifan lokal bisa menjadi cerminan dari ajaran Islam itu sendiri, seperti pentingnya menjaga hubungan sosial yang harmonis dan menghormati perbedaan.

Agama Islam adalah agama yang mampu beradaptasi dengan budaya lokal tanpa kehilangan esensi ajarannya. Kearifan lokal, selama tidak bertentangan dengan akidah dan syariat, justru bisa menjadi sarana untuk memperkuat dakwah Islam dan mendekatkan ajaran Islam dengan masyarakat.

Pendekatan yang lebih bijak dan kontekstual perlu diambil dalam melihat hubungan antara Islam dan budaya lokal. Daripada menciptakan jurang pemisah, kita seharusnya melihat bagaimana kearifan lokal dapat menjadi jembatan untuk memperdalam pemahaman keagamaan dan mempererat ukhuwah Islamiyah.

Ernawati Ernawati

Recent Posts

Demistifikasi Agama dan Politik Inklusif untuk Kemanusiaan

Agama dan politik di Indonesia selalu menjadi isu yang sensitif sekaligus penting. Keduanya memiliki kekuatan…

2 hari ago

Merawat Hubungan Agama dan Politik yang Bersih dari Politisasi Agama

Sesungguhnya, agama tidak pernah bertentangan dengan politik. Agama dan politik itu sifatnya integratif. Agama dapat…

2 hari ago

Agama (Tidak) Bisa Dipisahkan dalam Politik?

Pada mulanya politik adalah sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang mulia. Politik adalah seni untuk…

2 hari ago

Ruang Maya Sehat, Demokrasi Kuat

Menjelang Pilkada Serentak 2024, ruang digital di Indonesia menjadi semakin sibuk. Media sosial, yang telah…

3 hari ago

Mencegah Mudharat “Jualan Agama” Pada Pilkada 2024

Tahun 2024 adalah tahun politik. Pesta demokrasi melalui Pemilu telah. Kini masyarakat siap menyambut pemilihan…

3 hari ago

Prinsip Teo-Antroposentrisme Kuntowijoyo, Jembatan antara Dimensi Ilahi dan Realitas Sosial

Kelompok konservatif seperti Hizbut Tahrir Indonesia selalu menjadikan agama sebagai palang pintu terakhir segala problematika…

3 hari ago