Sampai saat ini, Islam dan negara masih kerap kali dipertentangkan, khususnya oleh pengusung ideologi khilafah. Padahal, jika dipahami secara cermat, pertentangan itu sama sekali tak ada. Islam, sebagai agama yang mengajarkan kasih sayang, keadilan, dan perdamaian, memiliki potensi besar untuk menjadi landasan moral dalam pembentukan identitas kebangsaan. Kebangsaan, di sisi lain, adalah kesatuan politik dan budaya yang mengakar pada sejarah, bahasa, dan adat istiadat suatu bangsa. Ketika Islam dan kebangsaan dipahami dengan benar, keduanya dapat saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain, menciptakan masyarakat yang inklusif dan beradab.
Perlu dipahami, Islam bukan hanya agama, tetapi juga sebuah pandangan hidup yang menyelubungi setiap aspek kehidupan manusia, termasuk politik dan kebangsaan. Prinsip-prinsip Islam mengajarkan kesetaraan, keadilan, dan kebersamaan, yang merupakan nilai-nilai yang sangat relevan dalam pembentukan identitas kebangsaan yang inklusif. Dalam Islam, tidak ada perbedaan antara bangsa atau suku, semua manusia adalah bagian dari satu umat (ummah) yang sama di hadapan Allah.
Kebangsaan sebagai konsep politik tidak selalu berarti membatasi diri pada satu kelompok etnis atau budaya. Sebaliknya, kebangsaan adalah tentang rasa persatuan, kesetiaan kepada negara, dan partisipasi aktif dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera. Islam mengajarkan bahwa cinta kepada tanah air (patriotisme) adalah bagian dari iman, asalkan itu tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip agama. Dalam konteks kebangsaan, cinta kepada tanah air dapat diinterpretasikan sebagai kewajiban untuk memperjuangkan kebaikan bersama dan menjaga kedamaian serta keharmonisan antar sesama warga negara.
Dalam sejarah, banyak contoh bagaimana Islam dan kebangsaan dapat beriringan dalam keselarasan yang indah. Salah satunya adalah pada masa kejayaan Islam di Andalusia, di mana berbagai etnis, budaya, dan agama hidup berdampingan dalam keharmonisan yang unik. Pada saat itu, konsep kebangsaan tidak mengenal batas-batas etnis, tetapi didasarkan pada prinsip kesetaraan dan keadilan bagi semua warga negara. Hal ini tercermin dalam arsitektur, sastra, dan seni rupa yang mencerminkan kekayaan pluralisme budaya yang ada.
Di zaman modern ini, tantangan muncul ketika konsep kebangsaan sering kali disalahpahami sebagai eksklusif dan mengecualikan kelompok minoritas, terutama mereka yang berbeda agama atau etnis. Namun, jika dipahami dengan benar, kebangsaan seharusnya menjadi sumber kekuatan bagi masyarakat untuk bersatu dalam keragaman. Islam, sebagai agama yang menganjurkan toleransi dan kerjasama antar sesama, dapat menjadi fondasi moral yang kuat bagi konsep kebangsaan yang inklusif.
Sebagai contoh, dalam konstitusi negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia, Islam diakui sebagai salah satu sumber hukum. Namun, hal ini tidak menghalangi keberagaman budaya dan kepercayaan agama dalam masyarakat. Sebaliknya, nilai-nilai Islam seperti keadilan, kesetaraan, dan kemanusiaan sering dijadikan dasar dalam pembentukan kebijakan publik yang memperhatikan kepentingan semua warga negara tanpa memandang agama atau etnis.
Hubungan antara Islam dan kebangsaan juga tercermin dalam konsep warga negara yang ideal dalam Islam. Dalam ajaran Islam, seorang warga negara diwajibkan untuk taat kepada otoritas negara selama tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip agama. Hal ini mencakup kewajiban membayar zakat, mematuhi hukum negara, dan berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat. Dengan demikian, seorang Muslim diharapkan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif dalam memajukan bangsa dan negara.
Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun Islam dapat menjadi landasan moral dalam pembentukan identitas kebangsaan, hal ini tidak berarti bahwa negara harus menjadi negara Islam. Prinsip-prinsip keadilan, kesetaraan, dan kebersamaan yang diajarkan oleh Islam dapat diterapkan dalam konteks multikulturalisme yang menghormati hak-hak semua warga negara tanpa diskriminasi.
Dalam konteks global, isu Islam dan kebangsaan juga menjadi perhatian utama dalam mengatasi konflik dan membangun perdamaian. Banyak konflik di dunia Muslim dipicu oleh ketegangan antara identitas keagamaan dan kebangsaan. Namun, melalui pendekatan yang inklusif dan dialog antaragama, potensi Islam untuk menjadi sumber kedamaian dan harmoni dalam masyarakat yang beragam dapat diwujudkan.
Dengan demikian, Islam dan kebangsaan bukanlah dua entitas yang bertentangan, tetapi seharusnya saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain. Islam, dengan nilai-nilai moralnya yang universal, dapat menjadi fondasi bagi konsep kebangsaan yang inklusif dan adil. Sebaliknya, konsep kebangsaan yang berakar pada prinsip kesetaraan dan kebersamaan dapat menjadi wahana bagi masyarakat untuk mewujudkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami hubungan yang kompleks antara Islam dan kebangsaan, kita dapat membangun masyarakat yang damai, adil, dan sejahtera bagi semua warga negara, tanpa memandang perbedaan agama atau etnis.
Agama dan politik di Indonesia selalu menjadi isu yang sensitif sekaligus penting. Keduanya memiliki kekuatan…
Sesungguhnya, agama tidak pernah bertentangan dengan politik. Agama dan politik itu sifatnya integratif. Agama dapat…
Pada mulanya politik adalah sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang mulia. Politik adalah seni untuk…
Menjelang Pilkada Serentak 2024, ruang digital di Indonesia menjadi semakin sibuk. Media sosial, yang telah…
Tahun 2024 adalah tahun politik. Pesta demokrasi melalui Pemilu telah. Kini masyarakat siap menyambut pemilihan…
Kelompok konservatif seperti Hizbut Tahrir Indonesia selalu menjadikan agama sebagai palang pintu terakhir segala problematika…