Keagamaan

Jika Anak Bertanya, Bolehkah Berteman dengan Non-Muslim?

Pertanyaan mengenai pertemanan dengan individu dari latar belakang agama yang berbeda mungkin jarang terdengar dari mulut anak-anak yang sedang tumbuh, namun bukan berarti tidak ada. Saat anak bertanya, “Bolehkah berteman dengan non-Muslim?” orang tua akan dihadapkan dengan banyak pertimbangan, termasuk nilai-nilai agama, nilai-nilai kemanusiaan, dan perkembangan kognitif dan sosial anak.

Pertanyaan ini sebetulnya tidak hanya relevan bagi anak-anak Muslim, tetapi juga bagi anak-anak dari berbagai latar belakang agama. Namun jika pertanyaan itu terlontar, para orang tua juga mesti mengamati lingkungan seperti apa yang mendasari pertanyaan ini muncul dari mulut si kecil.

Bila lingkungan anak sudah beragam dan menghormati keberagaman, pertanyaan ini seharusnya tidak muncul. Semua manusia pada awalnya belajar tentang sikap dan perilaku yang diterima melalui lingkungan sosial pertamanya. Bila lingkungan anak sudah terbiasa dengan keragaman dan menghormati perbedaan, tentu anak akan menganggap wajar saja berteman dengan mereka yang berbeda.

Mungkin, anak yang bertanya demikian hidup dalam lingkungan yang homogen, misalnya ketika di lingkungan sekolah. Dalam konteks ini, orang tua perlu mencarikan pengalaman keberagaman bagi sang anak. Fondasi yang kokoh berupa pengalaman positif menghadapi keberagaman di usia dini akan sangat membantu anak menjadi orang dewasa yang tidak gagap menghadapi perbedaan kelak.

Ketika anak-anak dihadapkan pada realitas keyakinan yang beragam namun tidak dikelola dengan semestinya dari pihak orang tua, maka dikhawatirkan sang anak akan salah bertindak terhadap lingkungan di sekitarnya. Lagipula, anak juga rentan mendapatkan informasi-informasi dari media sosial yang dikonsumsi. Penyerapan informasi yang kurang tepat tanpa adanya filter dan penjelasan mengakibatkan kerentanan terhadap pembentukan sikap dan perilaku yang kurang bijak. Terlebih ketika mengingat salah satu karakteristik anak adalah mudah mengingat dan cenderung menganggap apapun yang masuk ke otaknya pertama kali sebagai bekal dan pedoman bertindak.

Menurut Ernest Harms (1944) dalam artikel jurnal yang berjudul The Development of Religious Experience in Children,  ada tiga tahapan dalam perkembangan pengalaman beragama pada anak. Pertama, the fairy-tale stage. Tahapan ini dimulai ketika anak berusia 3 tahun dan berakhir ketika anak berusia 6 tahun. Pada tahapan ini, konsep mengenai Tuhan dan agama lebih banyak dipengaruhi oleh fantasi dan emosi anak, sehingga anak membayangkan Tuhan dan agama layaknya dunia fisik. Kedua, the realistic stage. Tahapan ini dimulai ketika anak berkisar usia 7 tahun sampai usia remaja. Pada tahapan realistic, seorang anak sudah mengkonsepsikan Tuhan dan agama berdasarkan kenyataan akibat dari bimbingan orang di sekitarnya (misalkan orang tua dan keluarga) dan juga pengaruh lembaga-lembaga keagamaan. Ketiga, the individual stage. Pada tahapan ini, seorang anak memiliki kepekaan emosi yang paling optimal dibandingkan masa sebelumnya dan sesuai dengan perkembangan usia kronologisnya.

Biasanya, anak akan mulai terjun dalam interaksi sosial ketika memasuki fase realistic stage. Dalam kaca mata Ernest Harms, fase ini meniscayakan anak untuk mengkorelasikan nilai-nilai keagamaan yang diajarkan orang tua ke lingkungan sosial mereka di luar rumah. Apa yang anak-anak dapatkan di fase sebelumnya akan sangat berpengaruh pada pola sikap yang akan dipraktikkan dalam interaksi sosial mereka.

Fase sebelumnya adalah the fairy-tale stage. Fase inilah yang sebenarnya menjadi momen yang tepat untuk menanamkan mindset keberagaman pada anak. Di fase ini, orang tua bisa menstimulus sisi kognitif anak dengan memberikan cerita-cerita tentang kehidupan Nabi Muhammad sebagai sosok yang toleran dan menghormati keberagaman.

Dengan bahasa yang sederhana dan menarik, orang tua bisa menekankan salah satu aspek paling mencolok dalam kehidupan Nabi Muhammad, yaitu kemampuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang dari berbagai agama. Misalnya, Nabi Muhammad berteman baik dengan Raja Habsyah dari Ethiopia. Padahal sang raja adalah orang Kristen.

Pada kisah lain, Nabi juga berteman baik dengan Abu Thalib. Keluarga dekat, paman Nabi sendiri. Padahal paman Nabi ini enggan memeluk Islam. Ia lebih memilih agama nenek moyangnya, yang menyembah berhala. Kendati demikian sikap pamannya yang tidak masuk Islam, Nabi tidak memusuhinya. Nabi justru menyayanginya. Jika edukasi ini sudah dibiasakan, akan kecil kemungkinan anak akan bertanya tentang kebolehan berteman dengan non-Muslim.

Sekali lagi, jika ada kesempatan anak bertanya demikian, orang tua perlu mengidentifikasi zona sosial yang lain dalam kehidupan si anak. Apakah ia hidup dalam lingkungan yang homogen ataukah hanya butuh divalidasi dengan cerita atau contoh perilaku inklusif. Mungkin, alternatif jawaban orang tua bisa begini,

“Nak, kita semua sama-sama manusia. Kita sama-sama merasa terganggu bila dihina atau disakiti, merasa senang dan gembira bila dibantu dan dipuji. Kita sama-sama kenyang bila makan dan minum. Memang, ada perbedaan di setiap manusia, namun perbedaan itu tidak boleh menghalangi kita dari bergaul bersama mereka, saling bantu membantu dengan mereka, apalagi sampai bermusuhan.”

“Bermain bersama teman-teman kamu yang beda agama itu nggak apa-apa, kamu nggak akan dapat dosa. Justru kalian bisa saling bantu-membantu dan bermain. Yang merupakan perbuatan dosa itu, adalah ketika kamu menyakiti dan memusuhi dia, atau bahkan menghina dan mengolok-olok agama mereka. Nah, itu yang nggak boleh.”

This post was last modified on 5 Oktober 2023 1:15 PM

Gatot Sebastian

Recent Posts

Demistifikasi Agama dan Politik Inklusif untuk Kemanusiaan

Agama dan politik di Indonesia selalu menjadi isu yang sensitif sekaligus penting. Keduanya memiliki kekuatan…

3 hari ago

Merawat Hubungan Agama dan Politik yang Bersih dari Politisasi Agama

Sesungguhnya, agama tidak pernah bertentangan dengan politik. Agama dan politik itu sifatnya integratif. Agama dapat…

3 hari ago

Agama (Tidak) Bisa Dipisahkan dalam Politik?

Pada mulanya politik adalah sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang mulia. Politik adalah seni untuk…

3 hari ago

Ruang Maya Sehat, Demokrasi Kuat

Menjelang Pilkada Serentak 2024, ruang digital di Indonesia menjadi semakin sibuk. Media sosial, yang telah…

4 hari ago

Mencegah Mudharat “Jualan Agama” Pada Pilkada 2024

Tahun 2024 adalah tahun politik. Pesta demokrasi melalui Pemilu telah. Kini masyarakat siap menyambut pemilihan…

4 hari ago

Prinsip Teo-Antroposentrisme Kuntowijoyo, Jembatan antara Dimensi Ilahi dan Realitas Sosial

Kelompok konservatif seperti Hizbut Tahrir Indonesia selalu menjadikan agama sebagai palang pintu terakhir segala problematika…

4 hari ago