Categories: Editorial

Kalimatun Haqqun Yuriidu bihaa al-Baathil

Kalimatun Haqqun Yuriidu bihaa al-Baathil merupakan ungkapan yang dipopulerkan Amirul Mukminin Khalifah Ali bin Abi Thalib di masa perang Shiffin. Kalimat itu digunakan Khalifah untuk menyindir sejumlah orang yang menafsirkan secara salah dalil agama dengan mempersalahkan kebijakan berunding dengan pasukan pemberontak Mu’awiyah bin Abi Sufyan. Mereka yang menolak perundingan itu dalam sejarah Islam dikenal sebagai Khawarij.

Khawarij dalam literatur umat Islam merujuk pada sekelompok ‘begundal’ yang dikenal sering melakukan aksi kekerasan berlabel agama. Ciri khas utama yang dimiliki mereka adalah klaim absolut atas kebenaran versi mereka sendiri. Apa yang mereka yakini benar atau salah maka harus menjadi kebenaran umum dan diterima oleh masyarakat luas. Berbeda dari apa yang mereka yakini adalah kafir dan keluar dari agama (murtad), konsekuensinya adalah mati.

Atas dasar itulah Khawarij merencanakan pembunuhan terhadap dua orang aktor utama perang dan dan satu tokoh perundingan Shiffin, yaitu Ali bin Abi Thalib, Mu’awiyah bin Abi Sufyan, dan ‘Amr bin ‘Ash. Ketiga sahabat Rasulullah saw. ini dianggap telah keluar dari agama dan karenanya darah mereka menjadi ‘halal’. Mereka berpendapat bahwa perundingan adalah produk tahkim (berhukum) ala manusia. Padahal menurut mereka, manusia dilarang ber-tahkim kecuali dengan hukum Allah. Laa hukma illallah, begitu jargon yang mereka teriakan.

Rencana pembunuhan itu berjalan hampir mulus. Tim eksekutor yang ditugasi membunuh Mu’awiyah bin Abi Sufyan dan ‘Amr bin ‘Ash gagal melaksanakan tugas lantaran dihentikan oleh para pengawal yang mencurigai aksi tersebut. Sementara tim eksekutor Ali bin Abi Thalib berhasil menyempurnakan tugasnya membunuh Khalifah saat berangkat salat Subuh. Tim ini dipimpin oleh Abdurrahman bin Muljam.

Siapa itu Abdurrahman bin Muljam? Dalam sejumlah literatur nama ini dikenal sebagai orang ‘saleh’. Dia bukan orang yang berlatar belakang penjahat. Dia dikenal dalam literatur biografi Muslim dengan, haafidzul quran (penghapal Alquran), shoimun nahaar (penggemar puasa), dan qooimul lail (ahli ibadah malam). Tentang Abdurrahman bin Muljam ini sejumlah riwayat menceritakan bahwa dia merupakan salah seorang utusan khusus di zaman Khalifah Umar bin Khattab kepada penduduk Mesir. Ia pernah diberi tugas khusus untuk mengajarkan Alquran kepada masyarakat di sana.

Kembali ke ungkapan Ali bin Abi Thalib di atas, Kalimatun Haqqun Yuriidu bihaa al-Baathil, secara harfiah berarti, “pernyataan benar yang dimaksudkan untuk tujuan aksi yang salah”. Dalam konteks saat itu Khalifah Ali jelas menyindir Khawarij yang gemar melabelkan justifikasi agama untuk melakukan aksi kekerasan, termasuk membunuh. Ungkapan itu juga bisa diartikan sebagai kritik terhadap sejumlah kelompok orang beragama yang selalu merasa paling benar.

Khawarij dalam sejarah Islam merupakan momok menyeramkan. Kehadirannya selalu dibarengi aksi pertumpahan darah. Sejarah mencatat kekerasan yang mereka lakukan pertama kali adalah aksi demonstrasi berujung pada huru-hara yang menewaskan Khalifah ketiga, Amirul Mukminin Utsman bin ‘Affan. Setelah itu berlanjut pada huru-hara lainnya hingga pemusnahan teror kelompok ini oleh kepemimpinan Dinasti Bani Umayyah.

Meski secara fisik nama kelompok ini telah musnah dan hilang dari peradaban, namun bibit pemikiran dan ideologinya masih sangat jelas terlihat. Virus Khawarij masih kerap menempel di sejumlah kelompok atau individu umat Islam. Korbannya tak hanya mereka yang belum paham agama. Mereka yang sepintas paham agama pun boleh jadi justru adalah ikon ‘ideologi’ Khawarij, seperti Abdurrahman bin Muljam di atas. Hal ini tentu mengkhawatirkan, karena keberadaan ‘ideologi’ seperti ini akan memusnahkan peradaban Islam yang dikenal memuliakan manusia.

Salah satu ciri ‘ideologi’ ini adalah propaganda kekerasan. Bagi mereka menjalankan ‘agama’ harus dilakukan dengan cara pemaksaan. Penggunaan kekuatan mutlak dilakukan untuk menegakkan ‘syariat’ versi mereka. Penafsiran atas teks keagamaan mutlak hanya milik kelompok mereka. Di luar itu, wajib diperangi! Adakah di sekitar anda para keturunan ‘ideologis’ dari Abdurrahman bin Muljam? Jika iya, waspadalah!

PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Recent Posts

Ruang Maya Sehat, Demokrasi Kuat

Menjelang Pilkada Serentak 2024, ruang digital di Indonesia menjadi semakin sibuk. Media sosial, yang telah…

7 jam ago

Mencegah Mudharat “Jualan Agama” Pada Pilkada 2024

Tahun 2024 adalah tahun politik. Pesta demokrasi melalui Pemilu telah. Kini masyarakat siap menyambut pemilihan…

7 jam ago

Prinsip Teo-Antroposentrisme Kuntowijoyo, Jembatan antara Dimensi Ilahi dan Realitas Sosial

Kelompok konservatif seperti Hizbut Tahrir Indonesia selalu menjadikan agama sebagai palang pintu terakhir segala problematika…

7 jam ago

Politik dan Kesucian: Menyimak Geliat Agama di Pilkada 2024

Dunia politik, pada dasarnya, adalah sebuah dunia dimana orang menjadi paham akan manusia dengan segala…

7 jam ago

Potensi Ancaman Pilkada 2024; Dari Kekerasan Sipil ke Kebangkitan Terorisme

Sebuah video rekaman detik-detik “carok” di Sampang, Madura beredar di media sosial. Kekerasan itu terjadi…

1 hari ago

Mencegah Agenda Mistifikasi Politik Jelang Pilkada

Dalam ranah politik jelang Pilkada 2024, kita dihadapkan pada fenomena yang mengkhawatirkan, yakni potensi meningkatnya…

1 hari ago