Narasi

Transformasi Digital Pasca Bubarnya Jamaah Islamiyah

Pembubaran Jamaah Islamiyah (JI) menandai titik balik dalam perjuangan Indonesia melawan ekstremisme. Momen ini ditandai dengan kembalinya 16 tokoh JI ke pangkuan NKRI, membawa angin segar optimisme. Namun, di balik pencapaian ini, tersembunyi realitas yang lebih kompleks. Ancaman ideologi transnasional tidak lenyap begitu saja; ia bermetamorfosis, beradaptasi dengan era digital, dan muncul dalam bentuk yang lebih sulit dideteksi.

Artikel ini mengajak kita untuk menelaah lebih dalam perubahan lanskap ancaman ini, terutama bagaimana kelompok-kelompok ekstremis memanfaatkan platform digital untuk menyebarkan ideologi mereka. Lebih jauh, kita akan mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Pancasila dan semangat nasionalisme Indonesia dapat menjadi benteng pertahanan yang tangguh dalam menghadapi gelombang radikalisasi di era informasi ini.

Evolusi Ancaman Pasca Bubarnya JI

Bubarnya JI, meskipun merupakan kemenangan signifikan, bukan berarti hilangnya ancaman ideologi transnasional. Justru, hal ini dapat mendorong kelompok-kelompok ekstremis lainnya untuk mengadopsi strategi baru yang lebih adaptif dan tersembunyi. Mereka dapat beralih dari struktur organisasi hierarkis yang mudah diidentifikasi ke jaringan sel-sel kecil yang lebih fleksibel dan sulit dilacak. Strategi ini memungkinkan mereka untuk tetap menyebarkan ideologi radikal sambil menghindari deteksi oleh sistem keamanan konvensional.

Perubahan taktik ini mencakup penggunaan narasi yang tampaknya tidak berbahaya namun sarat dengan pesan ekstremis. Salah satu contoh narasi yang digunakan adalah narasi intoleran, termasuk pelarangan terhadap festival makanan di Solo yang sedang hangat baru-baru ini. Mereka juga memanfaatkan isu-isu sosial dan politik yang sedang hangat untuk menarik simpati dan merekrut anggota baru. Transformasi ini menuntut pendekatan kontra-terorisme yang lebih dinamis, melibatkan tidak hanya aparat keamanan tetapi juga ahli media sosial, psikolog, dan tokoh masyarakat dalam upaya deteksi dan pencegahan dini.

Era digital telah membuka dimensi baru dalam penyebaran ideologi ekstremis. Media sosial, forum online, dan aplikasi pesan instan (messenger seperti WhatsApp dan Telegram) turut menjadi medan pertempuran ideologis. Teori radikalisasi online menjelaskan bagaimana kelompok ekstremis dengan cerdik memanfaatkan algoritma platform digital untuk memperluas jangkauan mereka dan menciptakan ruang gema ideologis yang memperkuat keyakinan radikal.

Mereka menggunakan taktik baru seperti micro-targeting, dimana pesan-pesan ekstremis disesuaikan dengan preferensi dan kerentanan individu berdasarkan data perilaku online mereka. Konten multimedia yang menarik, seperti video propaganda berkualitas tinggi dan meme yang viral, digunakan untuk menarik perhatian kaum muda yang rentan. Fenomena “radikalisasi ekspres” melalui platform seperti TikTok dan Instagram menunjukkan betapa cepatnya proses indoktrinasi dapat terjadi di dunia digital.

Tantangan ini semakin diperumit oleh sifat lintas batas dari internet, yang memungkinkan ideologi transnasional untuk menembus batas-batas geografis dengan mudah. Kelompok ekstremis dari berbagai penjuru dunia dapat berkolaborasi, berbagi taktik, dan memperkuat narasi global mereka, menciptakan ancaman transnasional.

Memperkuat Ketahanan Nasional Menghadapi Ideologi Transnasional

Menghadapi gelombang ideologi transnasional yang semakin kompleks, revitalisasi nilai-nilai Pancasila menjadi lebih krusial dari sebelumnya. Pancasila bukan sekadar ideologi negara; ia adalah jiwa bangsa Indonesia, cerminan keberagaman dan persatuan yang telah mengakar selama berabad-abad. Dalam konteks ini, teori identitas sosial memegang peranan penting dalam memahami dan memperkuat ketahanan nasional.

Teori ini menjelaskan bagaimana identitas kolektif dapat menjadi benteng yang kuat terhadap ideologi asing yang mencoba memecah belah. Dengan memperkuat identitas nasional berbasis Pancasila, kita dapat menciptakan narasi tandingan yang kuat melawan ekstremisme. Usaha ini melibatkan pemaknaan kembali nilai-nilai Pancasila dalam konteks kontemporer, menjadikannya relevan dan menarik bagi generasi digital.

Namun, teknologi saja tidak cukup. Kearifan lokal, yang tercermin dalam tradisi gotong royong, musyawarah, dan toleransi antar-umat beragama, harus diintegrasikan ke dalam strategi digital ini. Partisipasi tokoh agama dan pemuka masyarakat dalam platform digital penting untuk menyebarkan pesan-pesan moderasi dan toleransi dengan jangkauan yang lebih luas.

Kesimpulan

Ancaman ideologi transnasional pasca bubarnya JI telah mengalami transformasi signifikan, memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan dan pengaruhnya. Namun, dengan pendekatan yang tepat, kita dapat mengubah tantangan ini menjadi peluang untuk memperkuat persatuan dan identitas nasional Indonesia.

Revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era digital, dikombinasikan dengan strategi deradikalisasi yang mengintegrasikan teknologi dan kearifan lokal, merupakan langkah penting. Pendekatan ini tidak hanya merespons ancaman yang ada tetapi juga membangun pondasi yang kokoh untuk ketahanan nasional jangka panjang.

Dalam menghadapi ancaman yang terus berevolusi, kewaspadaan, adaptabilitas, dan komitmen bersama terhadap nilai-nilai kebangsaan menjadi kunci. Indonesia, dengan keberagamannya yang kaya dan semangat persatuannya yang kuat, memiliki potensi besar untuk tidak hanya bertahan menghadapi gelombang ekstremisme transnasional, tetapi juga menjadi model bagi dunia dalam membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan berdaya tahan di era digital.

Rezza Prasetyo Setiawan

Mahasiswa Center for Religious and Cross-cultural Studies, Universitas Gadjah Mada

Recent Posts

Maulid Nabi sebagai Berkah bagi Semua Komunitas Beragama

Tahun ini, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 16 September 2024. Ini merupakan…

17 jam ago

Memahami Dua Sisi Nabi Muhammad; Antara Misi Profetik dan Peran Domestik

Membaca kisah hidup Rasulullah, kita akan dihadapkan pada sosok yang memiliki dimensi kehidupan yang dualistik.…

17 jam ago

Potret Demografi Yatsrib pra-Islam, dan Madinah Pasca Hadirnya Rasulullah

Jika Nabi Muhammad adalah figur yang menyemai bibit Islam di tanah Arab pada masa itu,…

17 jam ago

Tiga Nilai Maulid ala Nusantara; Religiusitas, Kreativitas, Solidaritas

Menurut catatan sejarah, perayaan Maulid Nabi Muhammad secara besar-besaran muncul pertama kali di Mesir pada…

2 hari ago

Muhammad dan Kehidupan

Konon, al-Ghazali adalah salah satu ulama yang memandang sosok Muhammad dengan dua perspektif, sebagai sosok…

2 hari ago

Meneladani Nabi Muhammad SAW secara Kaffah, Bukan Sekedar Tampilan Semata

Meneladani Nabi adalah sebuah komitmen yang jauh melampaui sekadar tampilan fisik. Sayangnya, sebagian kelompok sering…

2 hari ago