Islam Tidak Mengenal Kekerasan

Islam Tidak Mengenal Kekerasan

- in Keagamaan
2185
0

Sebagai sebuah agama, Islam memiliki konsep kehidupan yang berasal langsung dari Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh alam semesta beserta semua yang ada di dalamnya. Konsep ini memiliki nilai-nilai yang sangat komprehensive bagi kehidupan manusia mulai dari yang paling kecil sampai yang paling besar, semuanya telah diatur sedemikian rupa. Tujuannya agar manusia dapat hidup rukun, sejahtera, makmur dan damai demi sebuah kehidupan yang lebih baik nantinya.

Salah satu unsur penting dalam agama adalah terkait dengan tujuan hidup setiap orang yang sesunguhnya, yaitu beribadah kepada Allah SWT, artinya manusia diciptakan hanya untuk beribah kepada Allah SWT. Ibadah dalam arti yang luas bukanlah hanya sholat, puasa, membayar zakat, naik haji, memberikan sodaqah, atau kegiatan-kegiatan ritual yang telah diatur dalam agama saja, tetapi lebih jauh dari itu seluruh aktifitas manusia yang bermuara kepada kebaikan dan kemaslahatan manusia, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk kepentingan orang banyak adalah sebuah ibadah. bahkan dalam sebuah hadis Nabi Muhammad Saw menyebutkan bahwa membersihkan jalan dari duri-duri juga adalah sebuah ibadah.

Agar manusia dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan beribadah kepada Allah SWT dengan tenang, agama telah menggariskan ketentuan-ketentuan yang harus diikuti oleh setiap orang. Ketentuan ini meliputi seluruh aspek kehidupan setiap manusia, misalnya kesehatan, keamanan, kebutuhan hidup dan lain-lain sebagainya yang semuanya telah di atur secara rinci baik dalam Alquran maupun dalam Hadis-Hadis Nabi, serta kumpulan pendapat-pendapat ulama. Sumber-sumber dan pedoman ini memuat larangan, perintah, anjuran dan lain-lain yang kesemuanya bertujuan mengatur dan memberikan perlindungan terhadap kehidupan manusia dengan sebaik-baiknya.

Manusia yang berhak dilindungi bukan saja yang sama dengan keyakinan kita akan tetapi semua umat manusia wajib mendapat perlindungan, bahkan hewan serta alam dan lingkungan ini harus mendapat perlindungan. Tidak sedikit ayat yang kita temukan dalam Alquran yang terkait dengan keharusan manusia untuk melindungi seluruh ciptaan tuhan dan melarang keras melakukan pengrusakan atau pembunuhan, atau apapun bentuknya yang menggunakan kekerasan di muka bumi ini tanpa ada alasan yang kuat dan dibenarkan.

Oleh karena itu, jika diantara kita mengklaim diri sebagai umat Islam dan tampil sebagai pejuang Islam namun melakukan perusakan, pembunuhan, bahkan pemboman di tempat umum serta menciptakan ketidaknyamanan di tengah-tengah masyarakat umum, maka Islam yang dipahami mereka itu sangatlah jauh dari jiwa dan ruh Islam itu sendiri. Karena Islam yang benar adalah Islam yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw yang bukan saja telah membawa kedamaian bagi umat manusia khususnya di kawasan Arab saat itu tetapi juga kedamaian dan keamanan terhadap pemeluk agama dan keyakinan lain yang ada saat itu, bahkan Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta termasuk alam lingkungan kita sampai saat ini.

Walahu alam

Facebook Comments