Mengenalkan Ideologi Pancasila Sejak Dini, Menangkal Radikal Terorisme

Mengenalkan Ideologi Pancasila Sejak Dini, Menangkal Radikal Terorisme

- in Suara Kita
698
0
Mengenalkan Ideologi Pancasila Sejak Dini, Menangkal Radikal Terorisme

Pancasila terlahir tidah hanya pada satu asas atau pemahaman. Banyak masukan dan usulan yang diberikan dari masyarakat untuk bangsa, yang tanpa mempertanyakan apa agama dan suku dan asalmu. Mereka memberikan sebuah pandangan yang kemudian menjadi satu ideologi, yaitu perdamaian serta kerukunan untuk seluruh bangsa Indonesia.

Inilah salah satu alasan mengapa pancasila merupakan sebuah pemahaman yang sangat sakti. Sebab, orang yang bisa memahami ideologi pancasila secara baik dan benar, maka dalam dirinya tidak akan ada rasa benci dalam menjalani hidup. Ideologi radikal terorisme yang secara perlahan mulai menggerogoti sebagian orang, akan terbantahkan dengan idologi pancasila sakti sekarang ini.

Apa yang diajarkan oleh pancasila sejatinya sudah memberikan sebuah tubuh bangsa yang mendamaikan. Mengajak seluruh masyarakat agar tidak terjerumus pada paham-paham yang mengadu domba. Mencegah setiap orang dalam melakukan kejahatan dengan mengatasnamakan agama, yang kemudian merugikan bangsa ini.

Cobalah berpkir dengan jernih, apakah setiap kekerasan akan menyelesaikan masalah. Hal ini seharunya sudah mewakili, bahwa keakraban, perdaban yang damai, dan tentunya hukum kasih sayang hanya tercipta dari sikap saling menghargai. Berangkat dari prihal sederhana semacam itu, seseorang akan memahami betul bagaimana menjadi insan yang mendamaikan dan mencintai sesama.

Sejalan dengan itu, setiap manusia juga gampang terjerumus dalam jurang yang melelahkan. Mereka disetir oleh beberapa kelompok orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dan kemudian mengadu domba, berbentuk kekerasan. Yang kemudian akan merugikan orang-orang yang tidak mengerti, dan orang-orang yang tidak bersalah.

Dari situlah seharusnya kita berkaca pada sejarah. Bahwa, terbentuknya Indonesia, merupakah jerih payah dari orang-orang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk generasi yang akan datang. Yaitu sebuah perdamaian, perdaban baru yang menyenangkan dan saling memberikan nasihat untuk selalu menjaga warisan yang diberikan pahlawan tersebut.

Itulah mengapa, jangan pernah ada kekerasan dalam menjalani hidup. Baik itu berasal dari keluarga, sepak bola, apalagi penjajahat terorisme. Ini harus dihentikan bersama-sama. Dengan tujuan menjadikan Indonesia ini menjadi negara yang terkenal dengan perbedaan yang kental, dan tentunya perdamaian yang harus selalu tertular untuk generasi yang akan datang.

Kita harus bisa belajar tentang pahitnya kehidupan. Apabila negara ini, dulu pernah merasakan kekejaman yang sangat mencekam. Maka, dari sekaranglah kita membangun peradaban baru. Sebuah peradaban yang mendamaikan dan memberikan inspirasi kepada setiap orang dan dunia. Sederhananya, memang kita terlahir dari rahim seorang ibu yang berbeda, tetapi untuk menjaga keutuhan bangsa ini, kita adalah saudara harus membasmi setiap kejanggalan yang ada. Dan ini adalah bagian dari pancasila sakti.

Adanya ideologi pancasila, seharunya mengajarkan kepada kita untuk menjadi insan yang lebih baik. Karena setiap pemahaman yang ditawakan selalu mengajak manusia untuk selalu peduli terhadap sesama, tanpa memandang perbedaan. Bisa kita bayangkan dan renungkan, betapa indahnya apabila hidup tanpa mengedepanakan perbedaan. Kerukunan dan sikap menjaga pastinya akan selalu berada dalam tataran uatam.

Mengubur Paham Radikal Terorisme Sejak Dini

Sudah semestinya pemahaman tentang pancasila sakti dikenalkan sejak dini. Selain hal ini mengajarkan sikap nasionalisme, ini juga akan mengajak setiap masyarakat menjunjung tinggi pentingnya perdamaian sejak dini. Di mana seorang anak diajarkan agar senantiasa menjunjung tinggi nilai perdamaian dari kecil, kemudian ketika dewasa ia akan menyuarakan untuk generasi selanjutnya. Dan tentunya, paham tentang radikalisme dan terorisme akan meredup dalam dirinya. Karena dirinya sudah percaya, pemahaman seperti itu akan merusak tataran kebangsaan.

Inilah yang semestinya menjadi poin positif bagi setiap orang. Lahirnya ideologi pancasila mengajarkan kepada kita agar salin terbuka dan demokratis. Mengajak seluruh masyarakat untuk menyuarakan aspirasinya, agar tidak terjadi keganjalan pemahaman yang bisa meluturkan keakraban yang ada di indonesia sekarang ini.

Perdamaian itu indah, sudah semestinya disuarakan bersama-sama. Membuktikan bahwa Indonesia adalah negara persatuan yang selalu menjujung tinggi kebersamaan. Lewat ini seseorang akan mengerti pentingnya menjaga yang ada di negeri ini, dibandingkan sibuk  dalam pemahaman yang radikal. Paham yang melunturkan rasa empati kepada sesama manusia.

Facebook Comments