Meluruskan Anggapan bahwa jika Palestina Merdeka, Dunia akan Kiamat

Meluruskan Anggapan bahwa jika Palestina Merdeka, Dunia akan Kiamat

- in Narasi
181
0
Meluruskan Anggapan bahwa jika Palestina Merdeka, Dunia akan Kiamat

“Loh, kalau Palestina Merdeka dan Israel hancur nanti hari kiamat dong!”

Begitu kata beberapa orang Muslim soal konflik antara Hamas-Israel dua minggu terakhir ini. Terlepas dari gurauan atau tidak, mereka dengan percaya diri menyampaikan pemahaman naskah keagamaan secara tekstual sehingga melihat satu isu secara sempit.

Pernyataan mereka ini memang merujuk pada hadis-hadis sahih. Rasulullah, misalnya, pernah bersabda bahwa hari kiamat akan datang ketika umat Yahudi kalah dari pasukan Muslim. Sabda Nabi ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam Shahih Al-Bukhari No. 2709;


حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تُقَاتِلُوا الْيَهُودَ حَتَّى يَقُولَ الْحَجَرُ وَرَاءَهُ الْيَهُودِيُّ يَا مُسْلِمُ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ


“Telah bercerita kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Jarir dari ‘Umarah bin Al Qa’qa’ dari Abu Zur’ah dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan datang hari kiamat hingga kalian memerangi orang-orang Yahudi hingga batu yang di baliknya bersembunyi seorang Yahudi akan berkata “Wahai Muslim, ini Yahudi di belakangku bunuhlah dia”.

Hadis tersebut memang sahih adanya. Secara sanad, perowi-nya banyak dan jalur sanadnya jelas. Namun dalam kajian kritis matan, yang memunculkan tafsir adalah peperangan dengan Yahudi yang mana yang dimaksud dalam hadis tersebut.

Perlu dicatat, perang antara Islam dan Yahudi sudah berulangkali pecah dalam lintasan sejarah. Pertempuran besar pertama yang melibatkan kedua kelompok tersebut terekam dalam peristiwa Khaibar. Perang Khaibar adalah perang yang terjadi antara umat Islam yang dipimpin Nabi Muhammad dengan umat Yahudi yang hidup di oasis Khaibar, sekitar 150 km dari Madinah. Pertempuran yang terjadi pada 628 M ini berakhir dengan kemenangan umat Islam.

Setelah kemenangan itu, apakah dunia langsung digoncang kiamat? Lagipula selain pertempuran Khaibar, umat Islam dan Yahudi juga sering berkonflik. Misalnya dalam perang Khandaq yang melibatkan kaum Yahudi juga.

Selain hadis di atas, hadis tentang pembebasan Baitu Maqdis juga seringkali menjadi landasan bahwa hari kiamat akan datang setelah Palestina merdeka;

اُعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ: مَوْتِيْ، ثُمَّ فَتْحُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ، ثُمَّ مُوْتَانٌ يَأْخُذُ فِيْكُمْ كَقُعَاصِ الْغَنَمِ، ثُمَّ اسْتِفَاضَةُ الْمَالِ حَتَّى يُعْطَى الرَّجُلُ مِائَةَ دِيْنَارٍ فَيَظَلُّ سَاخِطًا، ثُمَّ فِتْنَةٌ لاَ يَبْقَى بَيْتٌ مِنَ الْعَرَبِ إِلاَّ دَخَلَتْهُ، ثُمَّ هُدْنَةٌ تَكُوْنُ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ بَنِي اْلأَصْفَرِ، فَيَغْدِرُوْنَ فَيَأْتُوْنَكُمْ تَحْتَ ثَمَانِيْنَ غَايَةً، تَحْتَ كُلِّ غَايَةٍ اِثْنَا عَشَرَ أَلْفًا

“Perhatikanlah enam tanda-tanda hari Kiamat: (1) wafatku, (2)penaklukan Baitul Maqdis, (3) wabah kematian (penyakit yang menyerang hewan sehingga mati mendadak) yang menyerang kalian bagaikan wabah penyakit qu’ash yang menyerang kambing, (4) melimpahnya harta hingga seseorang yang diberikan kepadanya 100 dinar, ia tidak rela menerimanya, (5) timbulnya fitnah yang tidak meninggalkan satu rumah orang Arab pun melainkan pasti memasukinya, dan (6) terjadinya perdamaian antara kalian dengan bani Asfar (bangsa Romawi), namun mereka melanggarnya dan mendatangi kalian dengan 80 kelompok besar pasukan. Setiap kelompok itu terdiri dari 12 ribu orang.”

Ulama berpendapat bahwa pembebasan Baitul Maqdis ini juga berarti pembebasan kota Syam (Palestina). Artinya, kemerdekaan Palestina menjadi salah satu indikator zaman sudah berakhir. Namun sekali lagi, hadis tersebut tidak menjelaskan ‘pembebasan’ mana yang dimaksud.

Palestina menyimpan banyak cerita tentang penjajahan. Sebelum diinvasi oleh zionis pasca Perang Dunia ke-II, Palestina pernah dijajah oleh Romawi dan akhirnya dibebaskan oleh Umar bin Khattab. Lalu pada tahun 1187 M, Palestina juga dijajah oleh prajurit Salib yang akhirnya dibebaskan oleh Salahuddin Al-Ayyubi.

Hingga saat ini, belum ada dalil jika penjajahan zionis atas Palestina adalah penjajahan terakhir atas tanah Palestina. Bisa jadi, Palestina akan bebas lalu kemudian dijajah lagi. Tanah Syam akan bebas namun bisa jadi akan terinvasi lagi.

Karena itu, kalahnya Israel dan merdekanya Palestina saat ini belum tentu menjadi tanda kiamat akan segera terjadi. Pembebasan Baitul Maqdis dalam hadis di atas juga belum tentu pembebasan yang sekarang. Bisa jadi pembebasan yang lain, atau pembebasan saat Umar bin Khattab ratusan tahun yang lalu.

Justrunarasi ‘Jika Palestina merdeka akan kiamat’ itu bisa jadi kontra-produktif. Narasi tersebut justru disukai oleh Zionis agar umat Islam semakin menunda upaya untuk kemerdekaan Palestina. Mereka mungkin berpikir, “Untuk apa terburu-buru membebaskan Palestina kalau hanya akan mempercepat hari kiamat?”

Di samping itu, umat Muslim sebenarnya tidak diperintahkan untuk memperhatikan soal tanda-tanda hari kiamat. Ketika datang seorang badui kepada Rasulullah menanyakan kapan akhir zaman terjadi. Rasulullah tidak menjelaskan tanda-tandanya, melainkan bertanya balik, “Apa yang kamu siapkan untuk hari kiamat?”

Nabi tidak memerintahkan untuk mencermati apa yang sudah terjadi di dunia ini, atau apa yang belum. Nabi hanya mengingatkan bekal apa yang umat Islam sudah persiapkan untuk menghadap Allah di hari penghakiman kelak.

Kemerdekaan Palestina adalah tujuan yang sangat diharapkan oleh banyak orang, dan menjadi penting dalam konteks perdamaian global. Konsep hari kiamat adalah hal yang sangat subjektif dan tidak dapat dihubungkan secara langsung dengan kemerdekaan Palestina. Yang lebih urgent adalah melihat bagaimana perjuangan Palestina mempengaruhi dunia dan pentingnya mencari solusi yang adil dan berkelanjutan untuk konflik Israel-Palestina.

Facebook Comments