Pahlawan Millennial: Mengukuhkan Solidaritas, Menjaga Keanekaragaman Bangsa

Pahlawan Millennial: Mengukuhkan Solidaritas, Menjaga Keanekaragaman Bangsa

- in Suara Kita
464
1
Pahlawan Millennial: Mengukuhkan Solidaritas, Menjaga Keanekaragaman Bangsa

Menjaga keutuhan bangsa Indonesia, dibutuhkan tangan-tangan yang bersih, orang-orang yang siap dan memiliki tekad yang kuat. Semua hal itu akan terjalin dengan baiknya apabila penghuni bumi Indonesia ini senantiasa menjalin komunikasi dengan baik dan mengenakkan. Suatu komunikasi yang kemudian akan melahirkan sebuah upaya kekompakan untuk bersama-sama berpegang tangan dalam menjadikan Indonesia yang  berkedaulatan.

Berangkat dari komunikasi sederhana inilah, tidak menutup kemungkinan masyarakat akan menemukan pentingnya kebersamaan. Solidaritas yang  bisa menjadi tolak ukur, dalam mencapai suatu kebersamaan. Yang kemudian akan memberikan kontribusi bangsa ini, yaitu menjaga keutuhan NKRI dan merawat keanekaragaman yang ada di dalamnya.

Berkaca pada sejarah, bangsa ini lahir kemudian besar dan jaya, berkat orang-orang yang sudi merelakan jiwa dan raganya untuk sebuah kemenangan. Yaitu kemenangan yang sempat di curi oleh penjajah. Para pahlawan turun tanpa memandang resiko, yang ia pikirkan hanya bagaimana negeri ini terbebas dari kekejaman penjajah dan generasi selanjutnya bisa menikmati  ketenangan tanpa ada rasa takut.

Inilah yang seharusnya direnungkan bersama, bahwa apa yang kita nikmati sekarang ini, merupakan buah dari perjuangan dari seorang pahlawan. Orang-orang baik yang siap mengorbankan dirinya, meninggalkan keluarganya untuk sebuah kepentingan bersama. Yaitu menjadikan Indonesia jaya, merdeka, dan makmur rakyatnya.

Baca juga : Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Pada Generasi Milenial

Memahami hal ini, seharusnya generasi penerus tersadarkan. Bahwa generasi millennial memiliki tugas untuk menjaga negara ini dari tangan-tangan jail yang bisa merusak keutuhan Indonesia. Seperti misalnya mencegah kejahatan terorisme, radikalisme, dan kejahatan-kejahatan yang berusaha memecah belah masyarakat Indonesia melalui media-media hoax yang sekarang ini sangat mudah tersebar di media sosial.

Sederhananya, hal yang paling utama dilakukan oleh generasi Millennial ialah mencintai Indonesia sejak dari dini, kemudian menyebarkan perdamaian ini kepada orang-orang sekitar. Dengan tujuan, masyarakat yang belum paham betul dengan keindonesiaan memahami betul, bagaimana Indonesia ini lahir, dan bagaimana kita harus bisa menjaganya bersama.

Sejalan dengan itu, solidaritas pastinya akan terpatri dengan baik. Masyarakat akan tercerdaskan dengan cara mencintai Indonesia secara utuh. Hingga menyadari betul bagaimana menjadi Indonesia yang aman dan tenteram. Karena sejatinya menjaga Indonesia adalah tugas bersama, dan sudah semestinya menjadi jalan untuk merasakan kebagian di negeri ini, bukan keresahan.

Bangsa ini akan menjadi negeri yang besar dan aman, apabila seluruh jajaran masyarakatnya siap untuk menjaga dan merawat keanekaragaman yang ada. Kita sebagai generasi baru harus siap di garda paling depan untuk menyuarakan keakraban, kebersamaan, hingga pentingnya cinta kasih terhadap sesama. Sebab, kita adalah salah satu harapan bangsa, yang bisa melahirkan generasi-generasi yang cinta tanah air pula.

Untuk itu, cintailah negeri ini dari lubuk hati yang paling dalam. Hingga kita akan menyadari betapa pentingnya menjaga orang-orang baik yang ada di dalamnya. Selain itu, kita juga akan sudah berhasil meneruskan estafet kemerdekaan yang dititipkan oleh pahlawan sebelumnya.

Pentingnya Menghargai Perbedaan di Era Millennial

Indonesia terlahir dari berbagai asupan orang-orang baik yang tidak pernah memandang ataupun mempertanyakan apa agamamu, ras, etnis, ataupun bahasa yang kau gunakan. Semua bersatu untuk mengambil kejayaan, menjadikan negeri ini aktif sebagai bangsa yang bebas dari penjajah dan masyarakatnya melontarkan senyum-senyum kebahagiaan.

Inilah yang seharusnya dibangun oleh generasi millennial, bahwa generasi yang berkemajuan sekarang ini, harus menjadi agen yang cerdas dan mencerdaskan bangsa, bukan merusak tatanan dan mengadu domba. Semua harus bersatu untuk menjaga keutuhan NKRI, dengan mengedepankan Pancasila sebagai ideologi dasarnya. Karena dengan begitu semua jajaran masyarakat bisa menyadari, betapa pentingnya mencintai Indonesia.

Mari kita bersama-sama untuk berpegang tangan. Dengan satu tujuan yaitu menjaga keutuhan bangsa ini. Agar harta-harta yang berharga dan berguna untuk generasi yang akan datang bisa terselamatkan dengan utuh. Ini juga akan menjadi jembatan bagi setiap orang untuk selalu menjaga keakraban. Komunikasi akan terjaga dengan baik, hingga hal-hal yang menyenangkan akan selalu terjalin dengan baiknya. Itulah mengapa, mengukuhkan solidaritas adalah kewajiban bagi setiap generasi, agar bisa memahami pentingnya menjaga keanekaragaman yang ada di dalamnya.

Cintailah Indonesia melebihi apa yang kau miliki sekarang. Karena Indonesia adalah tempatmu singgah, pulang, dan akan selalu ada dalam setiap langkah dan detak jantungmu. Karena Indonesia itu mendamaikan.

Facebook Comments