Kontak Kami

Kontak Kami

 

webmaster_PMD

Website dikelola oleh PUSAT MEDIA DAMAI BNPT  (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) Republik Indonesia.

Anda dapat menggunakan lembar ini untuk memberikan komentar atau pertanyaan tentang situs ini. Kami juga terbuka untuk penulis-penulis yang ingin mengkontribusikan karyanya di www.jalandamai.org.

Kritik, saran dan kontribusi Anda amat kami harapkan demi perkembangan dan kemajuan web ini.

Kami akan segera membalas surat Anda!

Nama Anda (wajib)

Surel Anda (wajib)

Subjek

Pesan Anda

Masukan kode :
captcha

Suaib Tahir
Suaib tahir adalah salah satu tim penulis pusat media damai (pmd). Sebelumnya adalah mahasiswa di salah satu perguruan tinggi timur tengah. Selain aktif menulis di PMD juga aktif mengajar di kampus dan organisasi
Menyelesaikan pendidikan magister di Center for Religious and Cross-Cultural Studies (CRCS) UGM Yogyakarta. Alumni Ma’had Aly, Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur ini juga tercatat sebagai anggota hubungan dan kajian strategis ansor. Aktif melakukan penelitian dan menulis untuk tema-tema kerukunan antar umat beragama di Indonesia.
Khoirul Anam
Alumni Center for Religious and Cross Cultural Studies (CRCS), UGM Yogyakarta. Pernah nyantri di Ponpes Salafiyah Syafiyah, Sukorejo, Situbondo, Jatim dan Ponpes al Asyariah, kalibeber, Wonosobo, Jateng. Aktif menulis untuk tema perdamaian, deradikalisasi, dan agama. Tinggal di @anam_tujuh
Ahmad Dicky Sofyan
Aktifis, penulis isu-isu keislaman-sosial-sejarah, dan jurnalis. Di sela-sela kesibukannya hampir setiap Minggu alumni jurusan Tafsir Hadits UIN Syarif Hidayatullah ini mengisi sejumlah kegiatan keagamaan dan pengajian kampung dan perumahan di seputaran Depok dan Bogor. Baginya menulis adalah cara merawat otak dan watak. Bisa dihubungi di: [email protected]
Imam Malik
Adalah seorang akademisi dan aktifis untuk isu perdamaian dan dialog antara iman. ia mulai aktif melakukan kampanye perdamaian sejak tahun 2003, ketika ia masih menjadi mahasiswa di Center for Religious and Sross-cultural Studies, UGM. Ia juga pernah menjadi koordinator untuk south east Asia Youth Coordination di Thailand pada 2006 untuk isu new media and youth. ia sempat pula menjadi manajer untuk program perdamaian dan tekhnologi di Wahid Institute, Jakarta. saat ini ia adalah direktur untuk center for religious studies and nationalism di Surya University. ia melakukan penelitian dan kerjasama untuk menangkal terorisme bersama dengan BNPT.
Irfan Idris
Alumnus salah satu pesantren di Sulawesi Selatan, concern di bidang Syariah sejak jenjang Strata 1 hingga 3, meraih penghargaan dari presiden Republik Indonesia pada tahun 2008 sebagai Guru Besar dalam bidang Politik Islam di Universitas Islam Negeri Alauddin, Makasar. Saat ini menjabat sebagai Direktur Deradikalisasi BNPT.
Nurul H Maarif
Pengelola Pondok Pesantren Qothrotul Falah Lebak Banten dan Dosen di beberapa perguruan tinggi Banten
Rachmanto M.A
Penulis menyelesaikan studi master di Center for Religious and Cross-cultural Studies, Sekolah Pascasarjana UGM. Jenjang S1 pada Fakultas Filsafat UGM. Bekerja sebagai peneliti.
Muhammadun
Pengurus Takmir Masjid Zahrotun Wonocatur Banguntapan Bantul. Pernah belajar di Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy’ari, Yogyakarta.
Al Mahfud
Lulusan Tarbiyah Pendidikan Islam STAIN Kudus. Aktif menulis artikel, esai, dan ulasan berbagai genre buku di media massa, baik lokal maupun nasional. Bermukim di Pati Jawa Tengah.
M Najib
Presiden Direktur Abana Institute, Mahasiswa Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Anton Prasetyo
Pengurus Lajnah Ta'lif Wan Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama (LTN NU) dan aktif mengajar di Ponpes Nurul Ummah Yogyakarta
RIBUT LUPIYANTO
Deputi Direktur C-PubliCA (Center for Public Capacity Acceleration); Blogger
PMD
PMD
Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.
Abdul Muiz Ghazali
Pegiat sosial-keagamaan dan aktif mengajar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Cirebon.
Lukman Hakim
Penulis adalah Peneliti di Sakha Foundation, dan aktif di gerakan perdamaian lintas agama Yogyakarta serta Duta Damai Yogya.
Arief Rifkiawan Hamzah
Menyelesaikan pendidikan jenjang magister di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pernah nyantri di Ponpes Al-Hikmah 1 Benda, Sirampog, Brebes dan Ponpes Darul Falah Pare, Kediri. Saat ini ia sebagai Tutor di Universitas Terbuka.
Fredy Torang WM
Alumnus CRCS-UGM / Penerima AGSF-Asia Research Insititute 2016
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Alumnus Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Litbang PW Fatayat NU DIY dan mengajar di MTs Al-Quran, Pesantren Binaul Ummah Wonolelo Pleret Bantul
Ali Usman
Guru pesantren di Yogyakarta, menamatkan studi S1 filsafat dan program magister di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Agung SS Widodo, MA
Penulis adalah Peneliti Sosia-Politik Pusat Studi Pancasila UGM dan Institute For Research and Indonesian Studies (IRIS)
Mohammad Sholihul Wafi
Alumni PP. Ishlahusy Syubban Kudus.
Febri Hijroh Mukhlis
Alumni pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Pendiri Yayasan Umm al-Bilaad
Samsul Ar
Samsul Ar. Mahasiswa Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Aktif di FKMSB (Forum Komunikasi Santri Mahasiswa Banyuanyar). Tinggal di Yogyakarta.
Nurul Lathiffah
Konsultan Psikologi pada Lembaga Pendidikan dan Psikologi Terapan (LPPT) Persona, Yogyakarta.
Kumarudin
Alumnus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Walisongo Semarang dan Aktifis HMI
M. Faizi
Seorang penulis, blogger, penggemar perjalanan naik bis.
Ngarjito Ardi
Ngarjito Ardi Setyanto adalah Peneliti di LABeL Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga
Syahrul Kirom, M.Phil
Penulis adalah Alumnus Program Master Filsafat, Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.
Penulis merupakan alumnus Prodi Filsafat Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Sekjen Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), Koordinator Jakarta Edu Forum dan Guru PAI di SMPN 280, Jakarta
Nur Rokhim
Alumnus Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga. Aktif di Lembaga Ta’lif wa Nasyr (LTN) NU DIY.
M. Samsul Arifin
M. Samsul Arifin, adalah Peneliti Komunikonten, Institut Media Sosial dan Diplomasi. Pernah nyantri selama 6 tahun di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Pamekasan. Menyelesaikan kuliah di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Menulis buku dan artikel di berbagai media massa, nasional maupun lokal. Akun twitter @MSamsul193194.
Aktivis pemuda perdamaian tinggal di Sumenep Madura.
Hamim Enha Gipo
Direktut Al-Biruni Institute – Center for Islam and Inter-Cultural Studies. Alumni Pesantren Manba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Aktif sebagai aktivis perlindungan anak pada Jaringan Anak Nusantara (Jaranan). Menjadi salah satu pengasuh di Pesantren Motivasi Indonesia –Nurul Mukhlisin Bekasi. Karya yang sudah dibukukan: Jejak Pengabdian (Biografi Kyai Djuweni Purbalingga), Mekarya Publishing; Berbeda-Beda Tetapi Tetap Damai Juga, Aswaja Press.
Imam Muhlis
Alumnus Magister Ilmu Hukum UGM Yogyakarta Kini Pengurus Pusat Majelis Pemuda Islam Indonesia [MPII]
Ade Armando
Pemimpin Redaksi Madina Online dan Dosen Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Ahmad Makki
Aktifis-penulis, penggemar isu-isu sejarah dan kebudayaan.
Wiwit Kurniawan
Pegiat sosial dan pendidikan, lulusan Sekolah Pasca Sarjana CRCS, UGM Yogyakarta. Saat ini bekerja sebagai Dosen sastra Inggris di Universitas Pamulang dan peneliti pada Pusat Kajian Pancasila dan Kepemimpinan UMP.
Aminuddin
Alumnus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan aktif menulis di berbagai media massa lokal dan nasional
Tri Pujiati
Alumnus Pendidikan Bahasa Arab di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Penulis adalah alumni Fakultas Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat ini sedang aktif di Majalah Bangkit PW NU DIY.
pegiat sosial-keagamaan, kolumnis dan blogger. Juga merupakan alumnus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Saifuddin Zuhri Qudsy
Staf Pengajar Prodi Ilmu Hadis, Fak. Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Agus Sunyoto
Pengasuh Pesantren Global Tarbiyatul ‘Arifin di Malang. -- Pengajar pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang. -- Wakil Ketua PP Lesbumi PBNU
Lukman Santoso
Adalah Pengajar Hukum di STAIN Ponorogo; Saat ini sedang menyelesaikan Program Doktor Ilmu Hukum UGM, Yogyakarta.
Penulis adalah Ketua PMII Putri Komisariat UIN Walisongo Semarang. Pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Perbandingan Agama dan Direktur Sains dan Penelitian di Kelompok Studi Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Sekarang Aktivis di Pondok Damai Kota Semarang.
Alumnus Magister Interdisciplinary Islamic Studies Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Hatim Gazali
Dosen di Fakultas Pendidikan-Sampoerna University & Aktif di Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama
Mukhamad Zulfa
Mahasiswa Pascasarjana UIN Walisongo Semarang, alumus Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo, Semarang. Pernah nyantri di Pesantren Raudlatul Ulum, Guyangan, Pati, Jawa Tengah. Aktif di jaringan pesantren Jawa Tengah.
Penulis merupakan Peneliti Multiple-Representation Learning di PPs Pend.Kimia UNY, Interdisciplinary Islamic Studies di Fak. Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga, dan Culture Studies di UGM
Muchlas Jaelani
Pengelola Taman Baca Masyarakat Hasyim Asy’ari, Bantul. Sering menulis di media cetak dan daring. Staf peneliti pada Institute for HumanKind and Social Studies Yogyakarta
Sumarsih
Penulis adalah guru ngaji di masjid Al Amien Karangwuni, Kec Wates, Kab Kulonprogo, DIY. Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol), Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Aktif menulis di media cetak dan online.
K.H. Husein Muhammad
Pengasuh Pondok Pesantren Dar al-Tauhid, Cirebon. Beliau adalah ulama yang aktif menulis dan penggiat isu-isu sosial dan hak-hak perempuan, dan pernah menjabat sebagai Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. Ia menerima penghargaan Bupati Kabupaten Cirebon sebagai Tokoh Penggerak, Pembina dan Pelaku Pembangunan Pemberdayaan Perempuan (2003), penerima Award (penghargaan) dari Pemerintah AS untuk “Heroes To End Modern-Day Slavery” (2006). Namanya juga tercatat dalam “The 500 Most Influential Muslims” yang diterbitkan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Center, tahun 2010, 2011-2012.
Fasilitator Young Interfaith Peacemaker Community Indonesia
Brigjen Pol Drs. H. Herwan Chaidir
Direktur perlindungan BNPT, Lulusan Akabri Kepolisian angkatan 1987, PTIK angkatan 31 Thn 1994-1996, Sespimpol angkatan 40 tahun 2004, Lemhannas RI angkatan 47 tahun 2012.
Julmani
Pengamat sosial keagamaan, tinggal di Jogjakarta.
Mulawarman Hannase
Dosen Pasca Sarjana IPTIQ (Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran) jakarta
Seorang Warga Negara Indonesia asal Brebes yang sedang belajar di Tokyo.
Abdullah Sajad
Alumni Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan pemimpin Redaksi Pusat Studi Pesantren (PSP) Suarapesantren.net
Idris Masudi
Wakil Sekretaris PP Lakpesdam PBNU, mengabdi di Pascasarjana STAINU Jakarta dan aktif di Pusat Studi dan Pengembangan Pesantren (PSPP)
Muhammad Arwani.MA
Wakil Katib Suryah NU Kab. Purworejo
Ali Basuki
PENDIDIK dan AKTIFIS PENDIDIKAN SANGATA KALIMANTAN TIMUR
Intan Yuli Riskiyanti
Alumni STAI Wali Sembilan Semarang. aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Grobogan, Jawa Tengah. Aktif pula di Fatayat dan beberapa organisasi lain yang ada di Grobogan.
Penulis adalah aktifis penggerak Task Force Islam Nusantara, saat ini sedang melakukan penelitian tetang inisiatif lokal lokal untuk perdamaian dan radikalisme. Najih juga aktif mengkaji politik dan kehidupan sosial timur tengah.
Seorang analis media di Pusat Media Damai BNPT.
M. Zidni Nafi
Santri asal Kudus, mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ketua Nasional CSSMoRA (Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs).
Admin Online Blog Garawiksa Institute. PU LPM Paradigma Periode 2015/2016
Pendidik berdarah madura, sempat berkarya di SMA Sampoerna Foundation, Bogor.
Ubed Abdilah Syarif S.Fil., M.A.
Meraih gelar S1 Filsafat dari Universitas Gadjah Mada, dan Master di Universitas yang sama. Saat ini aktif sebagai penggiat gerakan lintas agama dan budaya di kawasan Tangerang Selatan dan sekitarnya. ia juga Research volunteer di Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) Jakarta. Ia juga tercatat sebagai pengajar di Universitas Surya. Sebelumnya, ia adalah founder (CEO)-Solo Research Network (SORENE), lembaga jejaring peneliti yang concern pada kajian tentang Solo (Raya). Ia juga terlibat dalam banyak penelitian di bidang sosial, budaya, agama, dan politik di lembaga dan Pusat Studi di Universitas Gadjah Mada dan sejumlah LSM.
penulis saat ini sedang kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Aktif di LPM Paradigma UIN Sunan Kalijaga.
Wibowo
Sarjana Theologi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Saat ini melayani sebagai Pendeta di salah satu gerja Jawa di Yogyakarta.
Ahmad Fathoni
Seorang penulis, jurnalis dan aktivis media sosial. Sedang menyelesaikan studi Pascasarjana pada Kajian Islam Nusantara di STAINU Jakarta. Penulis dapat dihubungi di akun twitter: @patoni89
Deni Gunawan S. Ag
Koordinator Bidang Kaderisasi dan Intelektual Pengurus Cabang PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Jakarta Selatan
Pengajar di Ponpes Luhur Wahid Hasyim Semarang
Peminat Kajian Keagamaan dan Kebangsaan, Tinggal di Jawa Tengah
Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA
seorang cendekiawan muslim. pakar di bidang ilmu sejarah, sosial dan intelektual islam. aktif melakukan kajian terkait isu keislaman dan masalah kontemporer. menerima penghargaan sebagai penulis paling produktif (Mizan, 2002) dan memperoleh titel Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Dengan gelar ini, maka Azyumardi adalah orang pertama di luar warga negara anggota Persemakmuran yang boleh mengenakan Sir di depan namanya.
Dr. Hj. Andi Intang Dulung
Kepala Sub Direktorat Kewaspadaan di Kedeputian 1 bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT. Meraih gelar doktor dalam bidang Hukum Islam di UIN Makasar. Saat ini aktif melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan radikalisme dan terorisme bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang berada di bawah sub direktoratnya di 32 Provinsi di Indonesia.
Ahmad Khotim Muzakka
Alumnus Center for Religious and Cross-cultural Studies, Sekolah Pascasarjana UGM, Yogyakarta, alumus Fakultas Ushuluddin UIN Walisongo, Semarang. Pernah nyantri di Pesantren Raudlatul Ulum, Guyangan, Pati, Jawa Tengah.
Musdah Mulia
Ketua Indonesian Conference on Religion and Peace
ACHMAD ZAKARIA
Mahasiswa Pascasarjana UIN Walisongo dan Anggota LPM IDEA
Budi Hartawan
budi hartawan seorang pemerhati sosial dan keagamaan, menempuh pendidikan di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Jurusan Ilmu Perbandingan agama. aktif di beberapa organisasi antara lain CRSe dan Ansor NU.
Khusnul Khotimah
Anggota Fatayat NU Kota Yogyakarta
Kang Iftah
Mahasiswa Kajian Islam Nusantara Pascasarja UNU Jakarta. Aktif sebagai pengurus Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahli Thariqah Al-Muktabarah An-Nahdliyah, organisasi pengamal tarekat yg berada di bawah Nahdlatul Ulama. Sehari-hari menjadi guru ngaji di Pesantren Fatahillah Ciketing Asem, Mustika Jaya, Kota Bekasi
Alumnus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Dadang Hendrayudha
Dadang Hendrayudha merupakan Pimpinan Redaksi Pusat Media Damai (PMD)
AKBP Didik Novi Rahmanto MH
Anggota Satgas Penindakan BNPT, Mahasiswa Doktoral Departemen Kriminologi UI. manaruh minat pada isu foreign terrorist fighters dan global terrorism
Dyah Rahmawati
Ibu Rumah Tangga dan Pemerhati Relasi Agama-agama, Tinggal di Cirebon.
Cahyati
Santri di Ponpes Qothrotul Falah, Lebak, Banten. Meraih Beasiswa Bidik Misi 2015 dan kini tercatat sebagai mahasiswa di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten. Ia juga aktif di berbagai komunitas dan kegiatan, antara lain; Triple Ing Community (Triping.Com), Pondok Baca Qi Falah, Radio Qi FM 107.07, www.qothrotulfalah.com, Bulletin Qi Falah, QF Multimedia, Crew Documentary Film, kommunitas Jurnalistik, HMJ, dll. Karya-karyanya, antara lain: Renungan Santri: Esai-Esai Seputar Problematika Remaja (Penulis: Pustaka Qi Falah, 2014), Rumah Kita: Catatan Santri Qothrotul Falah (Penulis & Editor: Pustaka Qi Falah, 2015), dll.
SMAN 1 Trenggalek, Jawa Timur
Uyun Rika Uyuni
Santri di pondok pesantren Qothrotul Falah, Lebak, Banten. Sedang menempuh pendidikan di Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Serang, Banten, jurusan komunikasi penyiaran islam. Tergabung dalam komunitas tulis “–ing community” dan bersama para santri lainnya telah menerbitkan sebuah buku berjudul "Renungan Santri: essai-essai problematika remaja" (pustaka Qi falah/2014)
Ketua Pengurus Pusat Rabithah Maahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMINU)-Asosiasi Pesantren Nahdlatul Ulama
Drs. H. Kuswiyanto, M.Si
Anggota DPR RI Komisi VIII dari Fraksi-PAN
Penulis adalah pengamat isu perempuan, gender, dan perdamaian
Leebarty Taskarina
Ibu rumah tangga, mahasiswi pascasarjana kriminologi UI angkatan 2015
Direktur Pemahaman Ahlussunnah Wal-jamaah Brunei Darussalam
Dina Sulaeman
Lahir di Semarang pada 1974. Sempat belajar dan berkarir sebagai jurnalis di Islamic Republic of Iran Broadcasting. Aktif menulis di media cetak dan media online, serta menjadi narasumber seminar, kajian, dan kuliah umum terkait Timur Tengah. Sejumlah buku telah ditulisnya, antara lain, Pelangi di Persia, Ahmadinejad on Palestine, Obama Revealed, Princess Nadeera, Journey to Iran, Prahara Suriah, dan A Note from Tehran (antologi), dll. Saat ini tinggal di Bandung dan sedang kuliah S3 di Hubungan Internasional Unpad.
Samsul Hadi
Penulis adalah Koordinator Bidang Media Massa, Hubungan Masyarakat, dan Sosialisasi Sub Direktorat Kewaspadaan Direktorat Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
pemerhati isu perempuan dan anak-anak dan aktif di pusat studi pesantren
Shulhan Alfinnas
Aktivis Komunitas Mata Pena Yogyakarta
Shuniyya Ruhama
Seorang penulis dan Alumni Sosiologi UGM, Gusdurian Kendal
siti nurasiah
pekerja sosial dan pengurus PC fatayat NU Lebak
Ira D Aini
Alumni Pesantren Al Amin Prenduan, Sumenep, Madura. Sehari-hari beraktifitas sebagai 'pembantu' umum dan 'petani' ilmu. Merasa seperti kehilangan hidupnya jika tidak menulis. Kini bergabung dengan Pusat Studi Pesantren.
R. Ahmad Nurkholis
Berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah di kota Malang.
Syamsul Arif Galib
Pengajar di Fakultas Agama Universitas Indonesia Timur (UIT)
Ahmad Muqsith
Staf peneliti di EIN Institute
Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Lembaga Dakwah Khusus PP. Muhammadiyah
Purjatian Azhar
Purjatian Azhar adalah peneliti muda di Institute of Southeast Asian Islam (ISAIs) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Achmad Amirudin
Pengajar dan Pendidik Tinggal di Jakarta
Anggota Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Muhammad Islah
Jurusan Tafsir Hadis UIN Walisongo Semarang
Andi Arifyani
Andi Arifayani akrab disapa Ifa merupakan Salah satu duta damai region Sulawesi yang tergabung dalam redaksi www.kareba.dutadamai.id. Selain membaca dan menulis juga tertarik pada dunia fotografi serta aktif di berbagai komunitas sosial dan pendidikan.
Ana Mardiana
Mahasiswa program studi hukum muamalat, Fakultas Syariah, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Penulis adalah. Masiswa Prodi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Imma Khoiriyah
Mahasiswi tingkat akhir di program internasional pascasarjana CRCS UGM. Menulis thesis tentang fenomena fashion hijab di Indonesia. Ia adalah penerjemah dan editor independen yang bermukim dan berkarya di Yogyakarta.
Abdurrahman Sandiriyanie Wahid
Penulis adalah aktivis sosial yang pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Miftakhul Mutaalimin, Babakan-Ciwaringin-Cirebon dan juga Pesantren Al-Hikmah dua Bumiayu Jawa Tengah. Selain masih aktif menjadi mahasiswa di Institute Study Islam Fahmina (ISIF), aktif di beberapa organisasi, seperti PELITA, SOBAT KBB dan Jaringan Islam Cinta.
S B
Mahasiswi UIN Syarif HIdayatullah.
Sudarto
Alumni sekolah pasca sarjana di Center for Religious and cross culture Studies (CRCS) UGM, Ketua Divisi Riset dan Substansi Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika (ANBTI
Aisyah Nur Aini
Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah ISIF Cirebon
Pemimpin Redaksi IDEApers.com, dan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang
Agus SB
Pangdam VII Wirabuana, mantan Deputi Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT
Haruna Agus
Mahasiswa dan sehari-hari sebagai penulis artikel. Memiliki minat pada wacana islam yang moderat. Kontributor anu.dutadamai.id.
Azzam Anwar
Staf di Lembaga Ombudsman DI Yogyakarta, seorang Gusdurian. Tinggal di Yogyakarta.
Qusthan Firdaus
Penulis memiliki MA in Ethics dari The University of Melbourne, menamatkan program Sarjana di Filsafat UGM Yogyakarta dan dosen tetap di Universitas Buddhi Dharma, Tangerang.
Alumnus UNDIP Semarang
Mahasiswa UIN Yogjakarta Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir. Aktif di IRSAD (Islamic Research Study of Al Quran and Democracy) Yogjakarta
I Wayan Gede Suyatartha
Ketua pelaksana harian Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Bali. Aktif melakukan penelitian di bidang sosial, politik, dan radikalisme. Saat ini menjabat sebagai Konsultan UMKM sertifikasi APEC.
Ahmad Vauzi
Aktifis dan pemerhati sosial, aktif melakukan advokasi pemenuhan hak-hak buruh. tinggal dan berkarya di Jakarta.
Zaenun Nu'man. mahasiswa pendidikan bahasa arab, UIN Syarif Hidayatullah. Menggilai kopi dan diskusi, tinggal di @zaenunnu
Mayjen TNI Agus SB
Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT
Sarjana akutansi dari Universitas Muslim Indonesia, aktif bergelut di komunitas Gusdurian Makassar. Mendalami kajian terkait agama dan radikalisme. Saat ini sedang menempuh pendidikan pasca sarjana di Universitas Mercu Buana, Jakarta.
Siswa SMA Taruna Nusantara, Magelang. Jawa Tengah.
Iwan Satriawan
M. Iwan Satriawan merupakan koordinator bidang penelitian Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Lampung, selain itu juga pengamat tata negara dan akademisi di FISIP Universitas Lampung. Iwan adalah salah satu kontributor dalam pengisian konten pusat media damai.